Kamera James Webb Tangkap Tanda-tanda Keberadaan Alien di Jupiter

Selasa, 26 September 2023 - 11:32 WIB
loading...
Kamera James Webb Tangkap Tanda-tanda Keberadaan Alien di Jupiter
Tangkap Tanda-tanda Keberadaan Alien di Jupiter. IFL SCIENCE
A A A
NEW YORK - Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA kembali menemukan sesuatu yang aneh di luar angkasa. Menurut para ilmuwan, ini bisa jadi tanda-tanda keberadaan alien.



Sebagaimana dilansir dari The Sun, keanehan berhasil ditangkap di atmosfer Jupiter, Europa. Untuk diketahui, Europa memiliki lapisan es tebal, yang telah lama diyakini para ilmuwan menyelimuti lautan air cair.

Kehadiran air dalam bentuk cair menjadikan Europa salah satu tempat paling potensial untuk dihuni di tata surya. Dan kini, dalam sebuah studi baru, bukti menunjukkan bahwa lautan ini mengandung karbon dioksida.

Karbon dioksida tersebut tampaknya tidak berasal dari benda asing, seperti meteorit atau asteroid. Juga dikenal sebagai biosignature, karbon adalah molekul organik yang penting bagi unsur penyusun kehidupan.

Tanda biologis lainnya yang ditemukan antara lain terdiri dari hidrogen, oksigen, dan nitrogen.

"Pengamatan sebelumnya dari Teleskop Luar Angkasa Hubble menunjukkan bukti adanya garam yang berasal dari laut di Tara Regio,” kata perwakilan tim ilmuwan dari Universitas Cornell Samantha Trumbo.

"Sekarang kita melihat bahwa karbon dioksida juga sangat terkonsentrasi di sana. Kami pikir ini menyiratkan bahwa karbon mungkin berasal dari lautan bagian dalam," lanjutnya.

Para peneliti mengidentifikasi tanda-tanda karbon dioksida kristal dan amorf di Europa. Namun, karena karbon dioksida sulit ditemukan di permukaan Europa, para peneliti yakin bahwa karbon tersebut berasal dari laut.

Para ilmuwan berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut di Europa untuk menemukan fakta-fakta menarik lainnya, dan NASA diperkirakan akan meluncurkan misi Clipper pada tahun 2024.

Sementara itu, Badan Antariksa Eropa meluncurkan pesawat luar angkasa Jupiter Icy Moons Explorer (JUICE) pada bulan April. Instrumen tersebut diperkirakan akan tiba di orbit Jupiter sekitar tahun 2031.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)