5 Kecanggihan Drone Hibrida Mohajer 10 Iran yang Bikin Israel Gemetar

Kamis, 28 September 2023 - 09:23 WIB
loading...
5 Kecanggihan Drone Hibrida Mohajer 10 Iran yang Bikin Israel Gemetar
Drone hibrida Mohajer 10 milik iran dibekali desain futuristis dan fitur canggih. Foto: Wikipedia
A A A
JAKARTA - Drone Mohajer-10 buatan Iran kini menjadi sorotan publik karena kemampuannya yang canggih. Saking canggihnya, drone baru itu dikatakan mampu menyerang sasaran tersembunyi di Israel.

Kementerian Pertahanan dan Logistik Angkatan Bersenjata Iran meluncurkan Mohajer-10 saat pameran dan upacara memperingati Hari Industri Pertahanan.

Upacara tersebut dihadiri oleh Presiden Ebrahim Raisi beserta dengan Komandan Senior Angkatan Darat Iran. Ditengah pengenalan drone Mohajer-10 itu, disampaikan pula sejumlah kecanggihan yang dimilikinya. Adapun kecanggihan dari drone Hibrida Mohajer-10 Iran ini adalah sebagai berikut.

Kecanggihan Drone Hibrida Mohajer-10 Iran

1. Muatan Senjata yang Besar

Drone ini dilaporkan dirancang untuk membawa rudal, sehingga meningkatkan kemampuan pertahanan angkatan laut dan pesisir Iran. Mohajer-10 ini dapat membawa beban muatan hulu ledak seberat 300 Kg.

Oleh karenanya dapat dikatakan jika kemampuan drone yang satu ini dua kali lipat dari kapasitas drone Mohajer-6. Mohajer-10 Iran ini juga dapat membawa berbagai jenis bom dan peralatan anti radar pada saat melaksanakan misi pengintaian.

2. Memiliki Sistem Elektronik dan Intelijen yang Sudah diperbarui
5 Kecanggihan Drone Hibrida Mohajer 10 Iran yang Bikin Israel Gemetar

Drone ini dilengkapi peperangan elektronik dan sistem intelijen. Dengan kemampuan tersebut memungkinkan drone ini untuk mengumpulkan data, mengidentifikasi target, dan menghindari gangguan dari musuh.

Sistem komunikasi terbaru dari Mohajer-10 juga bisa dimanfaatkan secara langsung dengan pusat komando. Sehingga komunikasi dengan pusat bisa dilakukan setiap saat.

3. Kecepatan terbang yang tinggi

Drone ini dapat terbang dengan kecepatan maksimum 210 km/jam, yang membuatnya dapat sampai ke area musuh dalam beberapa jam. Drone ini juga dapat menyesuaikan kecepatannya sesuai dengan kondisi cuaca dan medan.

Kecanggihan dari drone ini juga dapat lepas landas dan mendarat di permukaan laut. Sehingga dapat digunakan dalam situasi yang mendesak atau keadaan darurat.

4. Memiliki Desain Futuristik

Drone Mohajer-10 memiliki desain yang futuristik. Hal itu diketahui dari sistem persenjataan kompleks dari industri militer Iran yang menggunakan kemampuan peperangan asimetris tipe David Vs Goliath.

Strategi tersebut merupakan taktik melawan musuh yang lebih besar dan secara teknis lebih kuat. Dengan bekal kemampuan yang dan kecanggihan yang dimilikinya, drone Mohajer-10 memiliki peluang besar di segala medan pertempuran.


5. Dapat Melakukan Pengintaian Selama 15 Jam Penuh

Kecanggihan pertama yang dimiliki dari drone yang satu ini adalah dapat melakukan pengintaian musuh dalam waktu yang lama, hingga 15 jam penuh. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Komandan IRGC, Ali Reza Tangsiri.

“Angkatan Laut IRGC juga telah membuat drone hibrida yang terbang dengan satu mesin, dan mesin kedua berfungsi sebagai mesin penggerak,” beber Komandan IRGC Ali Reza Tangsiri dalam sebuah wawancara dengan media lokal pada akhir pekan, dilansirSputnik.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)