10 Hewan Peliharaan Presiden di Dunia, Ada Anjing hingga Burung

Jum'at, 29 September 2023 - 18:48 WIB
loading...
10 Hewan Peliharaan Presiden di Dunia, Ada Anjing hingga Burung
Koni adalah anjing kesayangan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Mirror)
A A A
JAKARTA - Bukan hanya masyarakat biasa yang mempunyai hewan peliharaan, sejumlah presiden dan kepala negara dari berbagai negara pun memilikinya. Hewan peliharaan tersebut mulai dari kucing, anjing, burung bahkan kodok.

Berikut 10 hewan peliharaan presiden di dunia dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/9/2023).

1. Kodok - Joko Widodo

Presiden Indonesia Joko Widodo telah memelihara kodok sejak menjadi Wali Kota Solo. Salah satu alasan Jokowi menjadikan kodok sebagai hewan kesayangannya lantaran kodok mengeluarkan suara yang membuatnya merasa fresh. Keberadaan kodok, menurut Jokowi, bisa menghadirkan suasana nyaman bagai di pedesaan, jauh dari kebisingan suara kendaraan. Tak hanya kodok, Jokowi juga memelihara beragam hewan lainnya.


2. Commander dan Major - Joe Biden

Anjing merupakan hewan peliharaan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Jenis anjing yang dipelihara Biden dan keluarganya adalah german shepherd, yang dinamakan Commander dan Major. Menariknya, kedua anjing kesayangan Biden tersebut sudah beberapa kali menggigit sejumlah agen Dinas Rahasia di Gedung Putih.

3. Nemo - Emmanuel Macron

Nemo, anjing jenis labrador-griffon, adalah hewan peliharaan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Ia diadopsi oleh Macron dan istrinya dari tempat penampungan anjing terlantar. Kemunculan Nemo bersama Macron terjadi pertama kali pada Agustus 2017, menjadikannya sebagai “first dog” negara tersebut.

4. Socks, Judy, dan Awan - Tharman Shanmugaratnam

Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam memiliki hewan peliharaan berupa kucing. Ada tiga kucing yang ia adopsi dan diberi nama Socks, Judy, dan Awan. Setiap kucing itu, menurut Tharman, punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihan Socks, misalnya, duduk di atas laptop Tharman.

5. Kenzie - Justin Trudeau

Sejak 2016, Kenzie menjadi hewan peliharaan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Kala itu, Trudeau mengumumkan kehadiran Kenzie di tengah keluarganya melalui Twitter. Kenzie adalah anjing jenis portuguese water.

6. Lennu - Sauli Niinistö

Presiden Finlandia Sauli Niinistö dan keluarganya memiliki anjing peliharaan yang diberi nama Lennu. Namun, pada Mei 2021 lalu Lennu meninggal. Anjing jenis boston terrier itu sangat populer dan menjadi ikon nasional karena senyumnya yang unik. Menggantikan posisi Lennu sebagai “first dog”, Niinistö kemudian memperkenalkan Osku, anak anjing jantan berjenis tenterfield terrier.

7. Koni – Vladimir Putin

Koni adalah anjing kesayangan Presiden Rusia Vladimir Putin. Anjing jenis labrador retriever itu dihadiahkan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu pada 2000. Koni diizinkan untuk hadir di pertemuan resmi pemerintah, bahkan pernah membuat Kanselir Jerman Angela Merkel merasa tidak nyaman pada 2007 lalu.


8. Brod – Michael D Higgins

Presiden Irlandia Michael D Higgins sering terlihat dengan anjing bernese mountain kesayangannya, Bród dan Miscneach. Bród bahkan menjadi pusat perhatian di banyak pertemuan dan acara penting di kediaman resmi presiden. Sayangnya, Bród meninggal pada April 2023 lalu.

9. Bo dan Sally – Barack Obama

Presiden Barack Obama yang memimpin Amerika Serikat pada 2009-2017 mempunyai peliharaan anjing yang dinamai Bo dan Sally. Anjing tersebut merupakan anjing portuguese water, dengan bulu keriting dan padat. Bo lebih dulu menjadi hewan peliharaan Obama di Gedung Putih. Setelah lebih dari satu dekade menemani keluarga Obama, Bo meninggal pada 2021.

10. Poll - Andrew Jackson

Poll adalah burung nuri kesayangan Andrew Jackson yang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ketujuh pada 1829-1837. Poll dibeli Jackson sebagai hadiah untuk istrinya, Rachel. Momen menarik terkait Poll adalah saat ia mengumpat dengan keras di acara pemakaman Jackson hingga harus dibawa keluar.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)