Spesifikasi Drone Tempur Aarok yang Membuat Ukraina Tertarik, Punya Kemampuan Mengerikan

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 13:02 WIB
loading...
Spesifikasi Drone Tempur Aarok yang Membuat Ukraina Tertarik, Punya Kemampuan Mengerikan
Aarok dirancang untuk menerima misi pengintaian hingga pertempuran. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Drone tempur Aarok tengah menjadi perhatian khusus Ukraina belakangan ini. Menurut laporan La Tribune, Kiev memang sedang dalam pembicaraan untuk memproduksi drone buatan Prancis itu.

Mengutip laman Bulgarian Military, Kamis (5/10), salah satu perusahaan Ukraina bernama Antonov dikabarkan tengah melakukan negosiasi dengan produsen asli Aarok, yakni Turgis & Gaillard.

Meski belum bisa dipastikan, kabarnya telah muncul kesepakatan di antaranya keduanya. Lebih jauh, seperti apakah sebenarnya kehebatan drone tempur Aarok ini? Simak ulasannya berikut.

Spesifikasi Drone Tempur Aarok
Spesifikasi Drone Tempur Aarok yang Membuat Ukraina Tertarik, Punya Kemampuan Mengerikan

Drone Aarok sejatinya masih berstatus pendatang baru di dunia militer. Persenjataan militer ini pertama kali hadir dalam pameran Paris Air Show 2023.

Pada jenisnya, Aarok merupakan drone Medium-Altitude Long-Endurance (MALE). Drone ini juga dikatakan memiliki kemiripan dengan MQ-9 Reaper yang juga digunakan militer Prancis.

Lebih jauh, Aarok dirancang untuk menerima misi pengintaian hingga pertempuran. Berbekal desain ramping dan aerodinamis, drone ini mampu mencapai kecepatan tinggi dan berbagai manuver berani di udara.

Spesifikasi Drone Tempur Aarok yang Membuat Ukraina Tertarik, Punya Kemampuan Mengerikan

Aarok memiliki lebar sayap mencapai 72 kaki. Sementara untuk bobotnya adalah 5,5 ton dengan muatan total hingga 2.700 kg. Pada dapur pacunya, Aarok ditenagai mesin turbojet yang memberi daya dorong besar. Mesin Turboprop Pratt & Whitney PT6 berkekuatan 1.200 HP akan membuatnya mampu beroperasi selama 24 jam penuh.

Tak hanya itu, komponen tersebut bahkan diklaim mampu membuatnya mencapai kecepatan Mach 0,8. Hal ini tentunya menjadikan Aarok sebagai salah satu drone tercepat di jenisnya.

Baca Juga: Pamer Kekuatan, Iran Gelar Latihan Drone Besar-besaran!

Beralih ke performanya, jangkauan Aarok terbilang mengesankan untuk sebuah drone tempur. Drone ini bisa mencapai jarak hingga 2.000 kilometer.

Pada aspek persenjataan, Aarok membawa berbagai komponen serang. Di antaranya seperti rudal udara-permukaan, bom berpemandu, hingga rudal udara-udara. Demikian ulasan mengenai spesifikasi drone tempur Aarok yang kabarnya bakal diproduksiUkraina.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)