Spesifikasi Peluncur Roket M136 yang Digunakan Hamas Menyerang Israel, Punya Kemampuan Mengerikan

Selasa, 10 Oktober 2023 - 11:47 WIB
loading...
Spesifikasi Peluncur Roket M136 yang Digunakan Hamas Menyerang Israel, Punya Kemampuan Mengerikan
M136 merupakan peluncur roket anti-tank satu tembakan buatan Amerika Serikat yang digunakan Hamas ketika menyerang Israel. Foto/Military Today
A A A
JAKARTA - Peluncur roket anti-tank M136 terlihat digunakan serdadu Hamas ketika menyerang Israel beberapa waktu lalu. Hal ini terbilang sedikit mengejutkan, mengingat senjata tersebut sejatinya adalah milik Amerika Serikat.

Namun, setelahnya muncul dugaan bahwa senjata M136 yang dimiliki Hamas berasal dari Ukraina. Sebagaimana diketahui, sebelumnya AS memang menjadi salah satu pemasok senjata bagi Kiev, terutama dalam konfliknya dengan Rusia yang masih berkecamuk.

Memang sudah banyak tuduhan penyalahgunaan bantuan senjata yang dilakukan Ukraina. Hal tersebut kembali mencuat usai Hamas yang secara tidak terduga bisa memiliki sebuah senjata seperti M136.

Terlepas dari polemik yang muncul, seperti apakah sebenarnya kehebatan dari peluncur roket anti-tank M136 ini? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut.

Spesifikasi Peluncur Roket M136


M136 merupakan peluncur roket anti-tank satu tembakan yang dibuat Amerika Serikat. Melihat riwayatnya, senjata ini dulunya didesain berdasarkan AT-4 serta mendapat beberapa modifikasi dan peningkatan.



Mengutip laman Military Today, Selasa (10/10/2023), M136 hadir sebagai suksesor peluncur roket M72 LAW. Senjata ini biasa ditemui di seluruh unit militer Amerika Serikat.

Melihat ke belakang, M136 mulai beroperasi bersama Angkatan Darat AS sekitar tahun 1987. Secara tampilan, senjata ini tampak mirip dengan AT-4.

Namun, ada beberapa perbedaan mendasar yang bisa ditemui. Salah satunya adalah penggunaan alat bidik terbaru yang diproduksi perusahaan AS.

Beralih ke performa, kemampuan M136 sebagai peluncur roket anti-tank terbilang mengerikan. Berstatus sekali pakai, senjata ini bisa memuat sejumlah hulu ledak yang berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2321 seconds (0.1#10.140)