Kapal Zulfiqar, Senjata Mematikan Andalan Iran Lawan Israel

Senin, 23 Oktober 2023 - 08:00 WIB
loading...
Kapal Zulfiqar, Senjata Mematikan Andalan Iran Lawan Israel
Zulfiqar adalah kapal yang mampu meluncurkan rudal permukaan ke udara dan dilengkapi senapan mesin. (Foto: Gang-Nam Times)
A A A
JAKARTA - Rivalitas abadi Iran dan Israel belakangan disorot dunia karena agresi militer di Gaza . Kedua negara pun mengembangkan teknologi militer melalui modifikasi canggih persenjataannya, salah satunya Kapal Zulfiqar Iran.

Zulfiqar adalah kapal yang mampu meluncurkan rudal permukaan ke udara. Sistem peluncuran vertikal (VLS) dan senapan mesin menjadi andalannya.

Zulfiqar ditenagai dua mesin Caterpillar C18 dengan kekuatan 1.000 hp dan Arneson ASD12 surface drives, sehingga mampu melesat dengan kecepatan hingga 72 knots atau setara 133 Km per jam. Spesifikasi kapal ini tentu menimbulkan ancaman serius bagi Israel.



Dilansir dari Gang-Nam Times, Senin (23/10/2023), ukuran Zulfiqar mirip kapal tanpa awak kecil yang saat ini dikembangkan Amerika Serikat. Namun, kapal ini dapat meluncurkan rudal permukaan ke udara bernama Nawab melalui sistem peluncuran vertikal yang dipasang di buritan dan dilengkapi radar. Dengan kata lain, Zulfiqar adalah senjata yang dikembangkan untuk pertahanan udara.

Kapal-kapal kecil selama ini sering kali kurang bisa diandalkan dalam pertempuran karena rentan terhadap serangan udara. Namun, kapal kecil yang dilengkapi dengan rudal seperti Zulfiqar dapat menjadi ancaman serius bagi armada udara musuh yang terbang rendah dan kapal laut.



Tak hanya Zulfiqar, baru-baru ini Iran juga telah mengubah Mahtabi, sebuah kapal kargo bekas, menjadi kapal rudal, untuk memperkuat armada lautnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3108 seconds (0.1#10.140)