6 Fakta Beluga, Paus Ramah yang Terancam Punah

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 10:10 WIB
loading...
6 Fakta Beluga, Paus Ramah yang Terancam Punah
Paus Beluga jadi hewan unik yang terancam punah, karena itu keberadaannya dilindungi. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Beluga adalah sejenis paus yang sering disebut sebagai paus putih. Warnanya yang khas, membuat paus ini mudah dikenali dan dibedakan dengan paus lainnya.

Beluga atau Delphinapterus leucas banyak ditemukan di perairan pesisir Samudra Arktik dan laut dalam. Beluga kecil memiliki panjang tubuh 1,5 meter yang bisa mencapai 4-6 meter saat dewasa. Berat beluga bisa mencapai 15.000 kilogram atau setara dengan 1,5 ton.

Beluga memiliki sirip lebar dengan ujung melengkung ke atas dan dahi yang berbentuk bulat. Beluga tidak memiliki sirip punggung. Beluga memiliki masa hidup yang panjang sekitar 30 sampai 50 tahun. Berikut fakta lain dari beluga dirangkum dari berbagai sumber.

1. Hewan yang Vokal

Beluga adalah hewan yang umumnya hidup bersama dengan kelompok kecil. Beluga termasuk hewan sosial dan hewan yang sangat vokal. Beluga bisa menggunakan beragam bahasa untuk berkomunikasi seperti klik, peluit, dan dentang. Beluga juga bisa meniru berbagai suara lainnya.

2. Wajah Elastis

Beluga memiliki fitur wajah yang memungkinkan paus ini mengubah bentuk luar kepalanya sesuka hati. Benjolan pada dahi terdiri dari lipid atau lemak yang dapat berubah bentuk saat menghasilkan suara. Benjolan ini dapat digunakan untuk memproyeksikan sinyal ekolokasi melalui air.

3. Memiliki Usia Kehamilan yang Lama

Beluga betina berusia 5-7 tahun akan kawin dengan beluga jantan berusia 8-9 tahun. Kemudian beluga betina akan hamil dan memiliki masa kehamilan yang cukup lama yaitu sekitar 15-16 bulan. Selanjutnya, beluga akan melahirkan bayi saat akhir musim semi sampai awal musim panas.
Bayi beluga yang dilahirkan memiliki warna abu-abu atau bahkan coklat. Warna ini akan memudar menjadi putih saat beluga mencapai usia dewasa sekitar usia lima tahun.

4. Memiliki Kulit yang Tebal

Beluga memiliki kulit yang tebal, bahkan bisa sepuluh kali lebih tebal dari pada lumba-lumba dan seratus kali lebih tebal dari mamalia darat. Bayi beluga bahkan memiliki kulit yang lebih tebal dari pada beluga dewasa. Hal ini untuk mengimbangi kurangnya lemak pada bayi beluga dan saat mencapai beluga dewasa, lapisan lemak tebal yang dikembangkannya akan membuat kulitnya terkelupas.

5. Dapat Berganti Kulit
6 Fakta Beluga, Paus Ramah yang Terancam Punah

Kulit beluga akan terus mengelupas dan akan mengalami pergantian kulit setiap tahun. Hal ini dipicu oleh lingkungan yang ditinggali oleh beluga. Suhu dan salinitas pada air juga menjadi pemicu lainnya yang membuat kulit beluga terkelupas. Beluga juga memiliki sensitivitas pada kulitnya.


6. Status Kepunahan

Beluga menjadi hewan yang menghadapi risiko kepunahan yang tinggi. IUCN mengklasifikasikan beluga sebagai hewan dengan kategori hampir terancam kepunahan. Ancaman yang dihadapi beluga seperti makanan yang sulit didapat, menurunnya kualitas habitat akibat pembangunan manusia, polusi air akibat produksi minyak dan gas dari kegiatan industri, meningkatnya predator beluga, dan lain sebagainya.

MG/Vina KarlametaSuhandi
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)