Peneliti Inggris Temukan Bukti Kuat Simpanse Betina Mengalami Menopause

Minggu, 29 Oktober 2023 - 15:10 WIB
loading...
Peneliti Inggris Temukan Bukti Kuat Simpanse Betina Mengalami Menopause
Bukti Kuat Simpanse Betina Mengalami Menopause. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Para peneliti dari University of Oxford, Inggris , menemukan bukti pertama bahwa simpanse betina liar mengalami menopause. Penemuan ini diterbitkan dalam jurnal Nature Ecology & Evolution pada 28 Oktober 2023.


Penelitian ini dilakukan di Taman Nasional Gombe Stream di Tanzania. Para peneliti memantau populasi simpanse betina liar selama lebih dari 20 tahun. Mereka menemukan bahwa simpanse betina yang berusia 40 tahun ke atas tidak lagi berovulasi atau melahirkan anak.

Penemuan ini penting karena menunjukkan bahwa menopause bukan hanya fenomena manusia. Menopause adalah peristiwa yang terjadi pada wanita ketika mereka berhenti berovulasi dan menstruasi. Ini biasanya terjadi pada usia 50-an, tetapi dapat terjadi lebih awal atau lebih lambat.

Para peneliti percaya bahwa menopause pada simpanse betina mungkin memiliki beberapa manfaat. Misalnya, dapat membantu simpanse betina untuk fokus pada merawat keturunan mereka yang masih hidup.

Seperti dilansir dari Vion News, Minggu (29/10/023), para peneliti memantau populasi simpanse betina liar di Taman Nasional Gombe Stream di Tanzania selama lebih dari 20 tahun.

Mereka menemukan bahwa simpanse betina yang berusia 40 tahun ke atas tidak lagi berovulasi atau melahirkan anak.

Penemuan ini penting karena menunjukkan bahwa menopause bukan hanya fenomena manusia.
Para peneliti percaya bahwa menopause pada simpanse betina mungkin memiliki beberapa manfaat.

Penemuan ini menambah pemahaman kita tentang evolusi menopause. Ini juga menunjukkan bahwa menopause mungkin lebih umum pada primata daripada yang diperkirakan sebelumnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3564 seconds (0.1#10.140)