Rusia Siap Luncurkan Satelit Radar Canggih, Mampu Pantau Area Seluas 120 Km

Selasa, 14 November 2023 - 18:09 WIB
loading...
Rusia Siap Luncurkan Satelit Radar Canggih, Mampu Pantau Area Seluas 120 Km
Badan Antariksa Rusia, Roscosmos, telah selesai melakukan uji terbang satelit radar resolusi tinggi, Kondor-FKA. Foto/Gunter Space
A A A
MOSKOW - Badan Antariksa Rusia , Roscosmos, telah selesai melakukan uji terbang satelit radar resolusi tinggi, Kondor-FKA. Ditargetkan satelit Kondor-FKA akan diluncurkan pada 1 Januari 2024 dan beroperasi penuh memberikan data detail.

Direktur Departemen Kompleks Ruang Angkasa Otomatis, Navigasi dan Sistem Penginderaan Jauh Roscosmos, Valery Zaichko mengatakan, peluncuran satelit Kondor-FKA kedua dan satelit Obzor-R dijadwalkan pada tahun depan. Sebelumnya, satelit radar resolusi tinggi Kondor-FKA No. 1 diluncurkan pada 27 Mei 2023.

“Satelit radar Kondor sudah menyelesaikan uji terbang hari ini. Mulai 1 Januari 2024 kami akan memberikan data radar kepada seluruh konsumen," katanya di Institut Penelitian Luar Angkasa Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia dikutip SINDOnews dari laman TASS, Selasa (14/11/2023).



Kondor-FKA adalah satelit observasi Bumi radar sipil kecil yang dirancang oleh NPO Mashinostroyeniya sebagai mitra sipil dari satelit Kondor-E. Satelit Kondor dilengkapi dengan radar aperture sintetis (SAR) S-band, yang dapat melakukan survei petak berkelanjutan atau survei titik terperinci.

Lebar petak yang dipantau adalah 10 km. Resolusi tanah adalah 1-2 m dalam mode sorotan, 1-3 m dalam mode stripmap, dan 5-30 m dalam mode ScanSAR.
Rusia Siap Luncurkan Satelit Radar Canggih, Mampu Pantau Area Seluas 120 Km


Menurut NPO Mashinostroyeniya, satelit berikutnya akan diluncurkan ke luar angkasa pada Juni 2024. Satelit yang membentuk cluster akan dapat menerima gambar detail dengan resolusi hingga 1 meter dalam segala cuaca sepanjang waktu dan untuk memindai permukaan bumi dengan lebar hingga 120 km.



NPO Mashinostroyeniya juga sedang mengembangkan satelit prospek mineral Kondor-FKA-M. Karakteristik dan tanggal peluncurannya akan ditentukan berdasarkan hasil yang dicapai kedua satelit Kondor-FKA. Satelit ketiga yang ditingkatkan Kondor-FKA-M akan menyusul pada tahun 2025.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)