Roket Misterius yang Menghantam Bulan Ternyata Milik China

Jum'at, 17 November 2023 - 16:34 WIB
loading...
Roket Misterius yang Menghantam Bulan Ternyata Milik China
Roket misterius yang jatuh menghantam Bulan pada 4 Maret 2022 dan membentuk kawah selebar 29 meter ternyata milik China. Foto/NASA/Arizona State University
A A A
BEIJING - Roket misterius yang jatuh menghantam Bulan pada 4 Maret 2022 dan membentuk kawah selebar 29 meter ternyata milik China . Satu kelompok yang berbasis di Universitas Arizona (UA) mengungkapkan bahwa objek penabrak Bulan yang diberi nama WE0913A ternyata bagian dari roket Long March 3C.

Pengamatan awal menunjukkan bahwa objek ini merupakan tahap atas dari roket SpaceX Falcon 9 yang meluncurkan satelit observasi Bumi DSCOVR pada bulan Februari 2015. Namun, setelah penelitian lebih lanjut, para astronom segera menentukan kandidat lain.

Diperkirakan objek ini adalah tahap ketiga dan paling atas dari roket Long March milik China. Roket 3C yang menerbangkan misi Chang'e 5-T1 tidak berawak mengelilingi bulan pada bulan Oktober 2014.



“Kami menyajikan analisis lintasan dan spektroskopi menggunakan observasi teleskop berbasis darat untuk menunjukkan secara meyakinkan bahwa WE0913A adalah badan roket Long March 3C (R/B) dari misi Chang’e 5-T1,” kata Tanner Campbell, mahasiswa doktoral Departemen Teknik Dirgantara dan Mesin UA, dalam Planetary Science Journal yang terbit Kamis 16 November 2023.

Ada dua bukti yang ditunjukkan, yaitu bagaimana benda itu bergerak dan terbuat dari apa, sehingga tidak meninggalkan keraguan tentang asal muasal objek WE0913A yang menghantam Bulan. Namun, China telah berupaya untuk menabur keraguan.

Para pejabat China mengatakan bahwa bagian atas Long March 3C terbakar di atmosfer Bumi tak lama setelah peluncuran Chang'e 5-T1. Hal ini seiring pengujian teknologi menjelang misi pengembalian sampel bulan Chang'e 5 pada tahun 2020.

Namun pernyataan tersebut dibantah oleh Komando Luar Angkasa AS, yang tahun lalu mengatakan bahwa objek tersebut tidak pernah masuk kembali. Studi baru ini juga menyoroti lebih lanjut tentang kawah khas yang diakibatkan oleh jatuhnya bulan pada Maret 2022.



Para peneliti membandingkan kurva cahaya WE0913A, dengan ribuan objek luar angkasa hipotetis, yang dihasilkan melalui simulasi komputer. Akhirnya mereka menemukan perbedaan yang menarik.

Penjelasan paling masuk akal untuk perilaku ini, kata anggota tim, adalah benda mirip halter memiliki massa cukup besar di setiap ujungnya. Salah satu massa tersebut adalah dua mesin tingkat atas, yang jika digabungkan berbobot 1.090 kilogram (Kg) tanpa bahan bakar di Bumi.
Roket Misterius yang Menghantam Bulan Ternyata Milik China


Massa di ujung lain tahap roket mungkin juga berada pada tingkat kasarnya, mengingat betapa stabilnya WE0913A yang jatuh dan bentuk kawah yang terbentuk di permukaan Bulan. “Ini pertama kalinya kami melihat kawah ganda akibat benturan di bulan,” katanya.

“Kita tahu bahwa dalam kasus Chang'e 5 T1, dampaknya hampir lurus ke bawah, dan untuk mendapatkan kedua kawah tersebut dengan ukuran yang sama, Anda memerlukan dua massa yang kira-kira sama dan terpisah satu sama lain,” urai Campbell.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2777 seconds (0.1#10.140)