Mengenal Petroleum Jelly Serta Sejumlah Manfaatnya

Sabtu, 25 November 2023 - 08:08 WIB
loading...
Mengenal Petroleum Jelly Serta Sejumlah Manfaatnya
Petroleum Jelly menjadi bahan yang banyak sekali digunakan di berbagai produk kencantikan saat ini. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Petroleum Jelly atau Petrolatum sudah tidak asing di telinga masyarakat. Dikenal memiliki banyak manfaat, Petroleum Jelly sering dijadikan andalan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Juga sangat populer dipakai di dunia kecantikan dan medis. Lantas, apa yang sebenarnya terkandung di dalam Petroleum Jelly?

Petroleum Jelly merupakan campuran minyak mineral dan lilin, yang kemudian membentuk zat semi padat seperti jeli. Dilansir dari laman Healthline, Petroleum Jelly pertama kali ditemukan oleh Robert Augustus Chesebrough pada 1859.

Awal mula Robert membuat Petroleum Jelly karena Robert merasa para pekerja minyak membutuhkan sesuatu seperti jeli yang lengket untuk menyembuhkan luka bakar mereka.

Penggunaan Petroleum Jelly tidak serta-merta bisa dengan bebas digunakan, diperlukan konsultasi dengan pihak medis terlebih dahulu guna memeriksa adanya alergi terhadap bahan Petroleum.

Dilansir dari laman Michigan State University, ada sejumlah data yang menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan di dalam Petroleum Jelly dapat bersifat karsinogenik.

Meski begitu, kandungan di dalam Petroleum Jelly masih tergolong aman untuk digunakan karena tidak terdapat bukti yang cukup untuk mendukung permasalahan di atas.

Dipakai untuk Produk Medis dan Kecantikan
Mengenal Petroleum Jelly Serta Sejumlah Manfaatnya

Petroleum Jelly adalah produk berbasis hidrokarbon, yang mana hidrokarbon merupakan komponen utama minyak bumi dan gas. Produk ini dibuat dari sisa material Petroleum dari produksi minyak dan gas, yang diolah dengan baik sehingga menjadi Petroleum Jelly yang aman.

Petroleum Jelly biasa dipakai di industri, medis, dan kosmetik. Dalam dunia kesehatan, Petroleum Jelly biasa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, menyembuhkan kulit dan bibir pecah-pecah, menghilangkan bekas luka, hingga menjadi bahan dasar pembuatan salep.

Sedangkan dalam dunia kosmetik, Petroleum Jelly berfungsi sebagai pelindung jaringan kulit, melembutkan kulit, menambah kilauan, serta sebagai pelindung untuk produk perawatan rambut.



Terbukti bahwa Petroleum Jelly aman digunakan untuk mengatasi beragam permasalahan kulit dan rambut. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, lakukan pemeriksaan alergi terhadap penggunaan Petroleum Jelly dan ikuti saranpihakmedis.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)