Gunung Berapi Bawah Laut Ditemukan di indonesia, Tingginya Melebihi Burj Khalifa

Minggu, 03 Desember 2023 - 11:53 WIB
Para peneliti dari UGM menemukan gunung bawah laut raksasa di lepas pantai Pacitan, Jawa Timur. Gunung tersebut dinamai Gunung Api Bawah Laut Pacitan. FOTO/ WION NEWS
JAKARTA - Peneliti menemukan 3 gunung berapi bawah laut raksasa di lepas pantai Pasifik Kanada, Indonesia, dan Guatemala.

Gunung pertama dinamai "Gunung Api Bawah Laut Icy Strait" (Icy Strait Caldera Volcano), dan memiliki ketinggian 1.100 meter (3.600 kaki) dari dasar laut.

Seperti dilansir dari Wion News, Minggu (3/12/2023), gunung ini dua kali lebih besar dari gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab.

Gunung Api Bawah Laut Icy Strait diperkirakan terbentuk sekitar 10 juta tahun yang lalu, dan masih aktif hingga saat ini.

Gunung ini mengeluarkan cairan panas dari dalam bumi, yang menyebabkan terbentuknya karang laut dalam di sekitarnya.

Karang-karang tersebut menjadi habitat bagi berbagai macam makhluk laut, termasuk ikan, kerang, dan gurita.

Tak hanya itu, Para peneliti, menemukan gunung berapi di dasar Samudera Pasifik di lepas pantai Guatemala.

Gunung bawah laut yang ditemukan memiliki tinggi 1.600 meter (5.249 kaki), hampir dua kali tinggi Burj Khalifa di Dubai.

Penemuan ini merupakan salah satu penemuan gunung bawah laut terbesar yang pernah tercatat. Gunung ini memberikan wawasan baru tentang sejarah geologi dan biologi laut Pasifik.