Spesifikasi Pesawat Pengintai R1 Inggris yang Dikerahkan di Gaza

Selasa, 05 Desember 2023 - 16:52 WIB
loading...
Spesifikasi Pesawat Pengintai R1 Inggris yang Dikerahkan di Gaza
Pesawat pengintai Shadow R1 dikenal mumpuni dan bisa melacak sasaran secara tepat dan cepat. Foto/Airforce Technology
A A A
JAKARTA - Israel baru-baru ini dikabarkan telah mendapat bantuan pesawat pengintai Shadow R1 dari Kerajaan Inggris. Pesawat tersebut dikerahkan di wilayah Gaza guna membantu menemukan sandera yang masih ditahan oleh Hamas.

Pesawat pengintai berjenis Shadow R1 ini ternyata tidak mempunyai senjata. Dengan kata lain hanya melakukan pengintaian secara khusus. Meski begitu, pesawat ini dikenal mumpuni dan bisa melacak sasaran secara tepat dan cepat.

Spesifikasi Pesawat Pengintai R1 Inggris


1. Desain dan dimensi pesawat Shadow R1 ISTAR


Shadow R1 merupakan pesawat pengawas udara yang dilengkapi dengan radar canggih dan sistem pengolahan data. Pesawat ini kerap diterbangkan Inggris dalam sejumlah misi khususnya.



Pesawat Shadow R1 mempunyai badan pesawat berbentuk lingkaran dengan konfigurasi sayap yang dipasang rendah cukup rendah. Pesawat ini juga diketahui memiliki panjang 13,34 m, tinggi 4,57 m, lebar sayap 16,61 m, dan luas sayap 28,8 m.

2. Kokpit dan avionik Shadow R1


Shadow R1 dapat dilengkapi dengan sejumlah rangkaian avionik Rockwell Collins ProLine II atau Rockwell Collins Pro Line 21. Rangkaian avionik tersebut sudah dilengkapi dengan sistem navigasi universal, altimeter, indikator kecepatan udara ganda, direktur penerbangan, dan sistem informasi penerbangan elektronik.

Tampilan multifungsi liquid crystal display (LCD) matriks aktif di kokpit akan menyerap seluruh data dalam pesawat. Di antaranya seperti data pada mesin, data navigasi, peta, lokasi dan tujuan saat ini, data lingkungan dan informasi sensor lalu lintas udara.



Selain itu, ada pula perlengkapan standar lainnya di dek penerbangan termasuk sistem manajemen penerbangan, autopilot, komputer data udara, radar pendeteksi turbulensi, dan sistem penentuan posisi global (GPS).

3. Sensor/radar


Pesawat pengintai R1 Inggris sudah dilengkapi dengan sistem elektro-optik/inframerah, radar bukaan sintetik/radar bukaan sintetik terbalik (SAR/ISAR), sistem peringatan rudal, dan sistem penyaluran penanggulangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)