Gua Tempat Tingggal Manusia Purba dalam Kondisi Terawat Ditemukan

Jum'at, 08 Desember 2023 - 06:08 WIB
loading...
Gua Tempat Tingggal Manusia Purba dalam Kondisi Terawat Ditemukan
Gua Tempat Tingggal Manusia Purba ditemukan. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
MOSCOW - Sekelompok arkeolog menemukan gua tempat tinggal manusia purba yang terpelihara dengan sangat baik di pegunungan Altai di Siberia, Rusia. Gua tersebut berusia sekitar 17.000 tahun dan masih berisi artefak dan sisa-sisa manusia purba yang belum tersentuh.


Seperti dilansir dari Wion News, Jumat (8/12/2023), gua tersebut ditemukan oleh sekelompok pendaki yang sedang menjelajahi pegunungan. Mereka melihat lubang di tebing dan memutuskan untuk memeriksanya.

Saat mereka masuk, mereka menemukan gua yang dipenuhi dengan artefak, termasuk alat-alat batu, tulang hewan, dan bahkan sisa-sisa manusia.

Arkeolog yang mempelajari gua tersebut percaya bahwa itu adalah tempat tinggal keluarga atau kelompok kecil orang.

Gua tersebut memiliki tempat tidur batu, perapian, dan bahkan ruang penyimpanan. Orang-orang yang tinggal di gua tersebut kemungkinan adalah pemburu dan pengumpul yang hidup dari alam liar.

Penemuan gua ini adalah penemuan yang sangat penting karena memberikan wawasan baru tentang kehidupan manusia pada Zaman Batu.

Gua tersebut menunjukkan bahwa orang-orang Zaman Batu hidup dalam kelompok-kelompok kecil dan menggunakan alat-alat batu untuk berburu dan mengumpulkan makanan.

Gua tersebut juga menunjukkan bahwa orang-orang Zaman Batu mampu membangun tempat tinggal yang nyaman dan bertahan hidup di lingkungan yang keras.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)