Spesifikasi Tank Mini Wiesel 1 Ukraina, Lincah dan Mematikan

Rabu, 13 Desember 2023 - 07:46 WIB
loading...
Spesifikasi Tank Mini Wiesel 1 Ukraina, Lincah dan Mematikan
Tank mini Wiesel 1 kini menjadi salah satu andalan Ukraina di medan tempur. (Foto: @X Ukrainian Front)
A A A
JAKARTA - Musim dingin yang sedang melanda menghadirkan tantangan tersendiri bagi prajurit Ukraina dan Rusia yang sedang berperang. Dalam kondisi berat ini tank mini Wiesel 1 tampil sebagai andalan Ukraina.

Kelincahan tank mini ini tak terkalahkan di medan penuh lumpur dan salju. Gerakannya lincah karena bobotnya relatif ringan. Dilansir dari Essanews, Rabu (13/12/2023), tank mini asal Jerman Wiesel 1 ini sengaja kembali dihidupkan untuk merespons kondisi terbaru di medan perang. Tugasnya membawa peluru kendali anti-tank (ATGM) FGM-148 Javelin ke garis depan.

Uji coba ini terbukti sangat efektif di bawah kondisi musim dingin yang keras di Ukraina, di mana menavigasi jalan berlumpur atau jalur tanah menjadi tantangan besar. Dalam banyak kasus, pengiriman persediaan hanya dapat dicapai secara manual menggunakan tenaga manusia.



Tank mini Wiesel 1 terbukti tampil luar biasa mengirimkan persediaan senjata dan logistik serta memberikan perlindungan kepada kru yang mengoperasionalkan.

Spesifikasi Tank Mini Wiesel 1


Wiesel 1 dalam bahasa Jerman berarti musang. Kendaraan tempur ini diproduksi oleh Bundeswehr, tetapi pengembangannya berasal dari tahun 1970an.

Tank mini Wiesel 1 memiliki berat kurang dari sekitar 3,3 ton. Panjangnya hanya 11,5 kaki dan tinggi 5,9 kaki, membuatnya mudah untuk disembunyikan dan diangkut. Tank ini dapat menampung dua prajurit dan dapat mencapai kecepatan 43 mph di medan yang sulit, berkat mesin diesel lima silinder yang bertenaga turbo dari Volkswagen yang menghasilkan 87 daya kuda.


Wiesel 1 TOW Bundeswehr


Jerman awalnya meluncurkan versi yang dilengkapi dengan senjata otomatis MK 20 Rh 202 dan peluncur untuk ATGM BGM-71 TOW, dengan pemutakhiran terbaru untuk penggunaan ATGM MELLS (versi Spike-LR berlisensi).

Ukraina sekarang menggunakan varian ini, yang sebelumnya merupakan bagian dari koleksi pribadi, sebagai kendaraan lapis baja empat roda yang mampu mengangkut beberapa peluru kendali FGM-148 Javelin. Sementara untuk TOW ATGM, Wiesel 1 dapat membawa enam unit di lambungnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)