Arkeolog Pecahkan Misteri Bayi yang Dikubur Bersama Nenek Buyutnya

Kamis, 14 Desember 2023 - 20:08 WIB
loading...
Arkeolog Pecahkan Misteri Bayi yang Dikubur Bersama Nenek Buyutnya
Misteri makam Bayi yang Dikubur Bersama Nenek Buyutnya terkuak. FOTO/ WION NEWS
A A A
BERLIN - Sekelompok arkeolog dari Universitas Tubingen di Jerman mengumumkan bahwa mereka telah memecahkan misteri berusia 89 tahun.



Tim tersebut menemukan bahwa seorang bayi berusia sekitar 1 tahun dikuburkan bersama nenek buyutnya yang keempat di sebuah situs pemakaman di Jerman.

Seperti dilansir dari Wion News, Kamis (14/12/2023), situs pemakaman tersebut terletak di dekat kota Tubingen, Jerman. Situs tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1934 oleh seorang petani lokal.

Pada saat itu, para arkeolog menemukan sisa-sisa 26 orang yang dikuburkan di situs tersebut. Salah satu dari mereka adalah seorang wanita berusia sekitar 50 tahun yang dimakamkan bersama bayi berusia sekitar 1 tahun.

Selama bertahun-tahun, para arkeolog telah mencoba untuk menentukan hubungan antara wanita dan bayi tersebut. Beberapa ahli berpendapat bahwa wanita tersebut adalah ibu dari bayi tersebut. Namun, ahli lain berpendapat bahwa wanita tersebut adalah nenek buyutnya yang keempat.

Baru-baru ini, para arkeolog dari Universitas Tübingen menggunakan metode analisis DNA untuk memecahkan misteri tersebut. Analisis DNA menunjukkan bahwa wanita tersebut adalah nenek buyutnya yang keempat.

Penemuan ini penting karena memberikan wawasan baru tentang praktik penguburan di Eropa pada masa Neolitikum.

Praktik penguburan bayi bersama nenek buyutnya yang keempat menunjukkan bahwa hubungan keluarga sangat penting bagi masyarakat Neolitikum.

Penemuan ini juga menunjukkan bahwa metode analisis DNA dapat digunakan untuk memecahkan misteri-misteri yang telah lama terlupakan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)