Bikin Amerika Ketar-ketir, Ilmuwan China Ciptakan Selubung Emas untuk Senjata Nuklir

Kamis, 28 Desember 2023 - 15:27 WIB
loading...
Bikin Amerika Ketar-ketir, Ilmuwan China Ciptakan Selubung Emas untuk Senjata Nuklir
Selubung Emas akan mengecoh sistem pertahanan lawan dari rudal mematikan. (Foto: The Sun)
A A A
JAKARTA - Ilmuwan China mengklaim telah menciptakan teknologi Selubung Emas yang dapat menyamarkan senjata nuklir seperti pesawat penumpang.

Jika teknologi tadi benar-benar ada, perkembangan teknologi alat perang bakal berubah. Melansir The Sun, Kamis (28/12/2023), ide China cukup menghebohkan dunia militer dan pertahanan Amerika Serikat.

Kekhawatiran negara adidaya tadi beralasan karena Selubung Emas ini ditengarai cukup efektif menyembunyikan rudal mematikan di layar radar saat mereka meluncur ke jantung pertahanan sebuah negara.

Pencapaian terbaru China ini dikembangkan oleh tim ilmuwan yang dipimpin oleh Zong Yali, seorang profesor asosiasi ilmu radar di Universitas Northwestern Polytechnical. Zong dan timnya mengungkapkan bahwa selubung ini terbuat dari benang logam berlapis emas yang dirajut dengan rumit menjadi geometri kompleks, seperti yang dilaporkan oleh South China Morning Post (SCMP).



Penemuan ini dirancang untuk mengecoh sistem pertahanan udara yang canggih dan memiliki potensi untuk mengubah seluruh dinamika konflik. Teknologi ini juga akan memperpendek waktu respons bagi pusat komandao militer. Faktor kunci ini kemungkinan besar akan memainkan peran utama dalam mempengaruhi hasil konflik itu sendiri.

Berbicara kepada Chinese Journal of Radio Science, Zong menjelaskan teknologi ini juga dapat secara signifikan memperbesar radar target terbang dari kurang dari satu hingga lebih dari 30 desibel per meter persegi.

Kemampuan Selubung Emas ini diperkirakan akan memberikan misil tingkat refleksi radar yang sama seperti pesawat komersial besar seperti Boeing 737 atau Airbus A320 ketika dilihat dari sudut tertentu.

Teknologi baru China ini juga akan menampilkan fleksibilitas yang tak tertandingi. Struktur lipatan akan memungkinkannya dikerahkan seperti payung, karena terbuat dari bahan serat karbon ringan. Para ilmuwan menambahkan bahwa bahan-bahan yang digunakan tersedia secara luas dalam rantai produksi industri China.

Kini, misil atau pesawat akan dapat beralih dengan mulus antara mode terlihat dan tersembunyi selama penerbangan. Selubung ini juga mampu mengubah bentuk dan ukurannya secara acak, operator komputer dan radar akan sama sekali tidak menyadari apa yang akan datang. "Perang elektronik telah menjadi lebih kompleks dari sebelumnya," kata Zong, seperti yang dilaporkan oleh Wio News.



Selubung Emas dianggap sebagai kebalikan dari teknologi siluman andalan AS. Namun, para peneliti mengakui ada tantangan dalam memproduksi selubung secara massal dengan kinerja seragam. Kondisi ini terjadi ketika China mengumumkan pengembangan senjata pengendalian pikiran sebagai bagian dari strategi perang psikologis terbarunya.

Sebuah laporan mengungkapkan Tentara Pembebasan Rakyat telah mengembangkan kecerdasan buatan dan teknologi baru seperti antarmuka otak-komputer untuk penggunaan militer. Beijing juga meluncurkan pesawat luar angkasa orbital yang misterius untuk ketiga kalinya. Sangat sedikit yang diketahui tentang pesawat dan muatannya, tetapi spekulasi menyebutkan bahwa pesawat itu akan memimpin operasi rahasia dengan eksperimen ilmiah rahasia .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)