Kecanggihan Bom Shawaz Hamas, Momok bagi Tank Israel

Jum'at, 29 Desember 2023 - 14:06 WIB
loading...
Kecanggihan Bom Shawaz Hamas, Momok bagi Tank Israel
Pejuang Brigade Al-Qassam membawa peluncur roket di Gaza. (Foto: Flash90)
A A A
JAKARTA - Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, merilis senjata baru bernama Shawaz 1 untuk menghadapi tentara zionis Israel. Kecanggihan bom Shawaz Hamas membuat Israel ketar-ketir lantaran memiliki daya ledak tinggi dan mampu menembus lapisan baja yang tebal.

Dilansir dari i24news.tv, Jumat (29/12/2023), Bom Shawaz Hamas telah didistribusikan kepada para pejuang Brigade Al-Qassam. Penggunaan Bom Shawaz Hamas terbukti efektif menghancurkan tank Israel, seperti terlihat dalam peristiwa penyerangan di Jenin, Tepi Barat . Dalam pertempuran ini para pejuang Hamas berhasil meledakkan kendaraan tempur Israel menggunakan Bom Shawaz.

Pada bulan Juni lalu, Hamas juga melancarkan serangan terhadap kendaraan lapis baja Israel, yang melukai tujuh prajurit zionis.



Surat kabar Arab Rai Al-Youm melaporkan bom Shawaz 1 mirip dengan senjata yang digunakan oleh kelompok perlawanan Irak terhadap pasukan Amerika, serta pejuang Hizbullah melawan tentara Israel.

Menurut data militer AS, kecanggihan Bom Shawaz Hamas sungguh luar biasa lantaran memiliki kemampuan menembus sekitar delapan inci baja. Material yang menembus lapis baja tersebut dilaporkan berisi zat peledak yang dilapisi dengan lapisan berbentuk kerucut, yang berfungsi sebagai bagian dari mekanisme penargetan.



Kecanggihan Bom Shawaz Hamas ini juga memungkinkan para prajurit Brigade Al-Qassam menargetkan tank- tank Israel dari jarak yang lebih jauh dibanding sebelumnya. Digunakan sebagai perangkat peledak improvisasi, perangkat ini akan ditempatkan di sisi jalan, seperti yang dilakukan dalam operasi sebelumnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)