Spesifikasi Tank Monster T-62M Rusia, Lawan Sepadan Leopard 1A5 Ukraina

Kamis, 11 Januari 2024 - 08:18 WIB
loading...
Spesifikasi Tank Monster T-62M Rusia, Lawan Sepadan Leopard 1A5 Ukraina
Tank monster T-62M Rusia akan menjadi lawan sepadan Leopard 1A5 Ukraina. (Foto: @X Naalsio)
A A A
JAKARTA - Rusia kembali menghadirkan varian baru kendaraan tempur di garis depan peperangan melawan Ukraina, yaitu tank monster T-62M. Tank ini akan menjadi lawan sepadan Leopard 1A5 Ukraina dan memainkan peran penting mendukung pasukan infanteri.

Dilansir dari Essanews, Kamis (11/1/2024), sejatinya tank monster T-62M merupakan turunan dari tank T-62 dari era Khrushchev, dimodifikasi dengan elemen dari T-90M.

Tank monster T-62M merupakan hasil desain inovatif para insinyur Rusia, bukan modifikasi lapangan oleh prajurit di garis depan.

Konsepsi tank T-62M 2023 agak unik, diduga lantaran Rusia kekurangan komponen untuk produksi baru, sehingga menggunakan komponen kanibal dari spapepart di gudang-gudang pasca-Soviet.



Penambahan paling mencolok di tank T-62M adalah penerapan sistem penargetan Sosna-U, dilengkapi dengan pencitraan termal dan pemasangan lapisan berat berreaktif Relikt. Bidikan baru ini akan meningkatkan deteksi dan eliminasi target dalam situasi malam atau kondisi cuaca buruk. Sementara lapisan berreaktif Relikt meningkatkan perlindungan terhadap senjata anti-tank genggam, bahkan yang dilengkapi hulu ledak tandem.

Menariknya, meriam lama tidak diganti, mungkin karena persediaan amunisi Perang Dingin yang melimpah untuk meriam 115 mm.



Meskipun mengalami peningkatan, nilai tempur tank Rusia T-62M dianggap tetap lebih rendah dibandingkan versi yang ditingkatkan dari tank T-72 atau T-64. Namun, perlu dicatat, tank T-62M dapat memainkan peran penting di medan tempur.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5097 seconds (0.1#10.140)