Kamis, 01 Februari 2024 - 07:30 WIB
Fakta Menarik Venus, Planet Terpanas yang Dikenal dengan Bintang Kejora
Venus dikenal sebagai planet terpanas di Tata Surya, karena itu bangsa Romawi menyebutnya dengan Bintang Kejora. Foto: Nasa
JAKARTA - Venus adalah planet kedua dari Matahari dan planet terdekat dengan Bumi. Planet ini memiliki ukuran dan massa yang mirip dengan Bumi, sehingga sering disebut sebagai "saudara kembar Bumi".

Namun, di balik kemiripan tersebut, Venus menyimpan banyak fakta menarik yang belum banyak diketahui orang.

Berikut adalah 7 fakta menarik tentang Venus:

1. Planet Terpanas di Tata Surya
Fakta Menarik Venus, Planet Terpanas yang Dikenal dengan Bintang Kejora

Venus adalah planet yang sangat panas meskipun tidak berada dekat dengan Matahari. Hal ini disebabkan karena atmosfer Venus yang padat mengandung sekitar 96,5 persen gas karbon dioksida.

Gas-gas ini bertindak seperti selimut yang memerangkap panas dari Matahari dan membuat suhu di permukaan Venus sangat tinggi, mencapai sekitar 462 derajat Celsius.

2. Rotasi Venus Lebih Lama dari Revolusinya

Satu hari Venus (periode rotasinya) butuh waktu 243 hari di Bumi, bahkan lebih lama dari satu tahun di Venus (periode revolusinya), yang hanya membutuhkan 225 hari Bumi.

Selain itu, karena Venus berputar sangat lambat, matahari terbit hingga terbenam membutuhkan waktu sekitar 117 hari Bumi. Yang menarik lagi, di Venus, matahari akan terbit di barat dan terbenam di timur, kebalikan dari Bumi.

3. Matahari Terbit di Barat dan Terbenam di Timur

Berbeda dengan Bumi, Venus justru berputar berlawanan arah dengan Matahari, hal ini disebut sebagai rotasi retrograde. Ini berarti, di Venus, Matahari terbit dari arah barat dan terbenam ke arah timur.

Salah satu kemungkinan hal ini terjadi adalah karena adanya tabrakan dengan asteroid atau benda langit lainnya di masa lalu yang mengubah arah putaran Venus.

4. Objek Paling Terang Ketiga di Langit

Venus adalah salah satu benda langit yang paling terang setelah Matahari dan Bulan. Jadi, ketika berbicara mengenai benda langit yang paling terang di malam hari, Venus menjadi yang kedua setelah Bulan.

Hal tersebut karena Venus memiliki angka magnitudo sekitar -3,8 hingga -4,6. Bahkan, terkadang Venus dapat terlihat pada siang hari jika langit sedang cerah.

5. Nama yang Diberikan oleh Romawi

Ada tujuh benda terang di langit, dan bangsa Romawi kuno memberi nama kepada benda-benda itu sesuai dengan nama dewa-dewi terpenting mereka.
Sebagai salah satu yang paling terang, orang Romawi memberi nama planet ini sesuai dengan dewi cinta dan kecantikan dalam mitologi mereka. Menariknya, Venus adalah satu-satunya planet yang diberi nama berdasarkan dewi perempuan.

6. Ukurannya Mirip dengan Bumi
Fakta Menarik Venus, Planet Terpanas yang Dikenal dengan Bintang Kejora

Venus memiliki lebar sekitar 7.521 mil (12.104 kilometer), sedangkan Bumi memiliki lebar sekitar 7.926 mil (12.756 kilometer). Perbedaan ini sekitar 638 kilometer saja. Meskipun ukurannya hampir sama, Venus lebih ringan daripada Bumi.

Venus memiliki massa sekitar 81,5% dari massa Bumi. Baik Bumi maupun Venus memiliki lapisan dalam yang mirip, seperti inti, mantel cair, dan kerak di permukaannya.

7. Dikenal Sebagai Bintang Kejora dan Bintang Sore

Venus memiliki julukan yang menarik yaitu "Bintang Kejora" dan "Bintang Sore". Hal tersebut karena orang-orang zaman dulu mengira bahwa Venus adalah dua benda langit yang berbeda. Ketika Venus terlihat setelah Matahari terbenam, orang Yunani menyebutnya sebagai Fosfor, dan Hesperus saat Venus terlihat sebelum Matahari terbit.

Orang Romawi juga memberi nama yang berbeda, yaitu Lucifer dan Vesper. Para astronom Maya juga telah melakukan pengamatan yang detail terhadap Venus sejak tahun650Masehi.

MG/Dinda Amelia Putri