Spesifikasi Buk-M3: Sistem Hanud Rusia yang Ditakuti Ukraina

Sabtu, 11 Mei 2024 - 14:00 WIB
loading...
Spesifikasi Buk-M3:...
Sistem Hanud Buk-M3 merupakan pembunuh rudal milik Rusia yang bisa lacak 36 target sekaligus. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Spesifikasi sistem hanud Buk-M3 menarik diulas. Peralatan tersebut merupakan sistem pertahanan udara yang dimiliki Rusia.

Baru-baru ini, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan intersepsi signifikan terhadap rudal Army Tactical Missile System (ATACMS) buatan Amerika Serikat. Menurut pengumuman, unit pertahanan Rusia sudah menghancurkan 15 rudal ATACMS dengan 4 di antaranya dicegat di Semenanjung Krimea pada 4 Mei 2024.

Mengutip Army Recognition, keberhasilan unit pertahanan udara Rusia mencegat rudal ATACMS tak bisa dilepaskan dari versi terbaru sistem pertahanan udara (hanud) Buk-M3.

Sebagaimana diketahui, Buk-M3 telah dikenal karena kemampuannya untuk menyerang sasaran udara. Keberadaannya diklaim sudah terbukti efektif melawan ATACMS, sistem rudal jarak jauh yang dipasok oleh Amerika Serikat ke Ukraina.

Lebih jauh, seperti apa sebenarnya spesifikasi dari sistem pertahanan udara (hanud) Buk M-3 Rusia ini? Simak ulasannya berikut.

Spesifikasi Sistem Hanud Buk-M3 Rusia
Spesifikasi Buk-M3: Sistem Hanud Rusia yang Ditakuti Ukraina

Buk-M3 menjadi generasi terbaru dari sistem pertahanan udara canggih yang dimiliki Rusia. Keberadaannya dirancang guna mengatasi spektrum ancaman udara yang luas dengan peningkatan efisiensi dan presisi serangannya.

Mengutip Military Today, Buk-M3 merupakan versi upgrade dari pendahulunya, yakni Buk-M2. Alat ini dirancang sebagai sistem pertahanan udara untuk melawan berbagai sasaran aerodinamis, termasuk rudal jelajah.

Buk-M3 telah beroperasi sejak 2016. Tak hanya mengungguli pendahulunya, sistem hanud ini diklaim lebih baik dari S-300P yang dianggap sebagai salah satu sistem pertahanan udara terkuat di era 1970-1980an.

Pada statusnya, Buk-M3 termasuk sistem pertahanan udara jarak menengah. Hal ini membuatnya memiliki jangkauan operasional hingga 70 kilometer dan jangkauan ketinggian sampai 35 kilometer.

Jika dibandingkan dengan sistem hanud lain, Buk-M3 cukup menonjol karena kemampuannya menargetkan beberapa objek udara secara bersamaan dalam kondisi berbagai gangguan yang intens. Kemampuannya ini tak bisa dilepaskan dari keberadaan sistem radar canggih dan teknologi pengendalian tembakan modern.

Spesifikasi Buk-M3: Sistem Hanud Rusia yang Ditakuti Ukraina

Keunggulan lain dari sistem hanud ini adalah mobilitas dan keserbagunaannya. Sistem hanud ini memiliki kemampuan penempatan ulang yang cepat sehingga memungkinkannya untuk dioperasikan dalam hitungan menit.



Belum lagi, setiap unit Buk-M3 dapat melacak hingga 36 target dan mengarahkan rudal terhadap 6 di antaranya secara bersamaan. Kemampuan tersebut tentunya sangat berguna di era modern seperti sekarang.

Pada penggunaannya, sistem hanud Buk-M3 juga diterjunkan selama invasi Rusia ke Ukraina. Sepanjang ini, beberapa laporan menunjukan performanya yang cukup mengesankan

Demikianlah ulasan mengenai spesifikasi sistem hanud Buk-M3 yangdimilikiRusia.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)