Hewan Endemik di Indonesia yang Masuk Daftar Terancam Punah

Senin, 20 Mei 2024 - 15:08 WIB
Hewan Endemik di Indonesia yang Masuk Daftar Terancam Punah
Hewan Endemik di Indonesia . FOTO/WWF
JAKARTA - Hewan endemik di Indonesia adalah hewan yang hanya dapat ditemukan di wilayah Indonesia dan tidak terdapat di tempat lain di dunia.

BACA JUGA - WWF Sebut Ada 142.500 Spesies Hewan Terancam Punah dalam Waktu Dekat

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, dengan banyak spesies hewan endemik yang tersebar di seluruh nusantara.

Endemik istilah untuk mendefinisikan sesuatu yang hanya ditemukan di tempat fisik-geografis tertentu dan tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

Dalam ekologi, ada istilah ini digunakan untuk menggambarkan spesies hewan atau tanaman yang hanya ditemukan di habitat yang terbatas di sebuah wilayah.

Mereka memiliki jangkauan geografis atau sebaran terbatas pada satu wilayah tertentu. Bisa wilayah sangat kecil, seperti satu danau, hingga wilayah luas di seluruh benua. Artinya, hewan endemik adalah spesies hewan yang hidup di wilayah geografis tertentu dan tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

Hewan endemik sering kali mempunyai adaptasi khusus yang memungkinkan mereka bertahan hidup hanya di habitat unik.

Hewan endemik Indonesia Indonesia termasuk negara dengan keanekaragaman hayati yang tinggi, karena berada di kawasan tropis yang memiliki tingkat curah hujan cukup tinggi. Kondisi tersebut membuat Indonesia memiliki jenis flora dan fauna yang sangat bervariasi, dengan beberapa di antaranya adalah spesies endemik.

Berikut adalah beberapa contoh hewan endemik di Indonesia:

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae): Harimau Sumatera adalah salah satu subspesies harimau yang terancam punah. Hewan ini hanya dapat ditemukan di Pulau Sumatera dan merupakan subspesies harimau terkecil di dunia.

Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis): Badak Sumatera adalah spesies badak yang paling terancam punah di dunia. Hewan ini hanya dapat ditemukan di beberapa taman nasional di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis)
Orangutan (Pongo): Orangutan adalah primata yang hanya dapat ditemukan di hutan hujan tropis di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Hewan ini terkenal dengan kecerdasannya dan kemampuannya untuk memanjat pohon.

Gajah Kalimantan (Elephas maximus borneensis): Gajah Kalimantan adalah subspesies gajah Asia yang hanya dapat ditemukan di Pulau Kalimantan. Hewan ini adalah mamalia darat terbesar di Asia.

Gajah Kalimantan (Elephas maximus borneensis)
Jalak Bali (Leucopsar rothschildi): Jalak Bali adalah burung yang indah dengan bulu berwarna putih dan biru. Hewan ini hanya dapat ditemukan di Pulau Bali dan merupakan salah satu burung paling langka di dunia.

Komodo (Varanus komodoensis): Komodo adalah kadal terbesar di dunia. Hewan ini hanya dapat ditemukan di Pulau Komodo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Komodo adalah predator puncak dan dikenal dengan gigitannya yang beracun.

Burung Maleo (Macrocephalon maleo): Burung Maleo adalah burung yang unik yang mengubur telurnya di pasir panas. Hewan ini hanya dapat ditemukan di hutan hujan tropis di Sulawesi Tengah.

Burung Cenderawasih (Paradisaeidae): Burung Cenderawasih adalah kelompok burung yang terkenal dengan bulu dan hiasannya yang indah. Burung ini hanya dapat ditemukan di hutan hujan tropis di Papua dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Tarsius Kerdil (Tarsius pumilus): Tarsius Kerdil adalah primata terkecil di dunia. Hewan ini hanya dapat ditemukan di hutan hujan tropis di Sulawesi. Tarsius Kerdil terkenal dengan matanya yang besar dan kemampuannya untuk melompat.

Selain hewan-hewan yang disebutkan di atas, masih banyak lagi hewan endemik yang dapat ditemukan di Indonesia. Kekayaan hayati Indonesia adalah aset yang berharga dan harus dilestarikan untuk generasi mendatang.