Pterosaurus Predator Ganas Penguasa Udara dan Lautan Australia

Kamis, 13 Juni 2024 - 06:15 WIB
Pterosaurus Predator Ganas Penguasa Udara dan Lautan Australia
Pterosaurus Predator Ganas Penguasa Udara . FOTO/ IFL SCIENCE
SIDNEY - Bayangkan seekor predator ganas dengan sayap selebar 4,6 meter yang membumbung tinggi di atas lautan purba Australia. Itulah gambaran Haliskia peterseni, spesies pterosaurus baru yang menakjubkan yang baru saja diidentifikasi dari fosil yang digali di Queensland.

Seperti dilansir dari IFL Science, penemuan ini menandai pterosaurus terlengkap yang pernah ditemukan di Australia, dan memberikan wawasan baru tentang makhluk luar biasa yang menguasai langit prasejarah.

Fosil Haliskia peterseni ditemukan pada tahun 2021 oleh Kevin Petersen, kurator museum Kronosaurus Korner, di sebuah lubang penggalian dekat Richmond.

Tulang yang terlihat di permukaan menarik perhatiannya, dan dia segera menyadari bahwa itu milik pterosaurus.

Ukuran spesimen yang besar, terbungkus dalam jaket plester berukuran 2,4 x 1,5 meter, membutuhkan persiapan yang cermat. Para peneliti menggunakan kombinasi pahat udara dan peniti logam untuk membersihkan fosil, mengungkapkan kerangka pterosaurus yang menakjubkan.

Berdasarkan tengkorak, gigi, dan bentuk tulang bahunya, para ilmuwan mengklasifikasikan Haliskia peterseni sebagai pterosaurus anhanguerian. Kelompok reptil terbang ini mendominasi langit selama periode Kapur, yang berlangsung sekitar 145 hingga 66 juta tahun lalu.

Nama "Haliskia peterseni" berasal dari bahasa Yunani Kuno, menggabungkan kata "halis" yang berarti "hantu laut" dengan nama Petersen untuk menghormati penemuannya. Nama ini mencerminkan ukuran pterosaurus yang besar dan habitatnya di laut dangkal yang luas yang dulunya menutupi Eromanga Sea.

Penemuan Haliskia peterseni merupakan penemuan penting bagi ilmu pengetahuan. Fosil yang lengkap memberikan informasi berharga tentang anatomi, gaya hidup, dan evolusi pterosaurus Australia.

"Ini adalah penemuan yang luar biasa," kata Adele Pentland, penulis utama studi yang mendeskripsikan pterosaurus baru. "Haliskia peterseni membantu kita untuk lebih memahami keragaman dan keanekaragaman pterosaurus di Australia, dan menunjukkan bahwa masih banyak hal yang belum kita ketahui tentang makhluk menakjubkan ini."

Penemuan ini juga menyoroti pentingnya observasi dan eksplorasi yang cermat. Seperti yang dikatakan Pentland, "Siapa pun yang berkunjung ke situs fosil memiliki peluang bagus untuk menemukan sesuatu yang penting jika mereka tahu apa yang harus dicari."

Haliskia peterseni adalah pengingat akan keajaiban dunia prasejarah dan mendorong kita untuk terus menjelajahi dan mempelajari masa lalu planet kita yang menakjubkan.