3 Fakta Trebuchet Israel, Senjata Kuno yang Dipakai untuk Menyerang di Lebanon

Jum'at, 14 Juni 2024 - 11:00 WIB
loading...
3 Fakta Trebuchet Israel, Senjata Kuno yang Dipakai untuk Menyerang di Lebanon
Trebuchet adalah senjata kuno yang masih dianggap sangat efektif hingga saat ini. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Trebuchet jadi senjata yang digunakan Israel untuk melancarkan serangan di Lebanon. Senjata kuno ini digunakan untuk melemparkan bola api demi memicu kebakaran di wilayah perbatasan.

Kebakaran itu diciptakan guna membantu tentara perbatasan mengidentifikasi teroris yang mencoba menyusup ke Israel atau melakukan serangan di perbatasan.

Dilansir dari The Times Of Israel, daerah perbatasan Lebanon memiliki vegetasi yang lebat, sehingga menjadi tantangan bagi pasukan Israel.

Terlepas dari serangan yang dilancarkan Israel, masih banyak orang yang penasaran akan senjata Trebuchet ini. Pada dasarnya senjata kuno ini adalah ketapel raksasa yang diduga pernah digunakan pada abad pertengahan.

Fakta Trebuchet Israel
3 Fakta Trebuchet Israel, Senjata Kuno yang Dipakai untuk Menyerang di Lebanon

1. Pengertian Trebuchet Israel

Trebuchet adalah jenis ketapel yang menggunakan lengan berputar dengan selempang terpasang di ujungnya untuk melontarkan proyektil.

Pada zaman dulu, itu adalah senjata yang sangat kuat sebelum munculnya bubuk mesiu. Desain trebuchet memungkinkannya meluncurkan proyektil dengan bobot lebih besar dan jarak lebih jauh dibandingkan ketapel tradisional.

2. Trebuchet Israel Bukan Bagian dari Persenjataan IDF

Seorang pejabat militer Israel menyebutkan jika senjata tersebut bukan bagian dari persenjataan standar IDF dan diyakini dibuat oleh tentara cadangan yang ditempatkan di perbatasan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, keberadaan senjata ini diperlukan untuk membakar semak belukar di perbatasan yang diduga merupakan tempat persembunyian Hizbullah.


3. Trebuchet Israel untuk Menghindari Meluasnya Konflik

Kelompok teror Hizbullah telah menyerang Israel utara dari perbatasan Lebanon selama delapan bulan terakhir, dengan mengatakan bahwa mereka melakukan hal tersebut untuk mendukung warga Palestina.

Jika Israel melakukan serangan langsung menggunakan roket dan rudal, hal tersebut kemungkinan besar akan memicu perang yang lebih besar lagi. Mengingat sebelumnya, serangan Negara Yahudi ini telah memancing emosi Iran.

Karena itulah senjata sederhana berupa Trebuchet Israel ini diperlukan. Meskipun senjata abad pertengahan ini kurang efektif, keberadaannya tetap diperlukan untuk meminimalisirefekkerusakan.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)
pixels