Tumbuhan Tertua di Dunia Berusia 1.400 Tahun Ditemukan di Dasar Laut

Minggu, 16 Juni 2024 - 18:11 WIB
Tumbuhan Tertua di Dunia Berusia 1.400 Tahun Ditemukan di Dasar Laut
Tumbuhan Tertua di Dunia Berusia 1.400 Tahun . FOTO/ IFL SCIENCE
Di dunia ini, terdapat banyak spesies yang hidup dengan umur panjang yang mengejutkan. Hiu Greenland , contohnya, bisa hidup hingga 400 tahun, dan kerang bahkan bisa mencapai usia lebih dari 507 tahun jika tidak dibunuh.

Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan tumbuhan laut tertua di dunia, dengan usia yang luar biasa: 1.400 tahun.

Seperti dilansir Unilad, Minggu (16/6/2024), ditemukan di Laut Baltik, tanaman ini adalah klon lamun dari spesies Zostera marina, atau yang dikenal sebagai eelgrass. Para ilmuwan menggunakan jam genetik inovatif untuk menentukan usia tumbuhan laut ini.

Klon lamun menghasilkan ramet, individu dalam klon yang dapat terpisah dan hidup mandiri. "Reproduksi vegetatif sebagai cara reproduksi alternatif tersebar luas di dunia hewan, jamur, dan tumbuhan," jelas pemimpin penelitian Dr. Thorsten Reusch, Profesor Ekologi Kelautan di GEOMAR Helmholtz Center for Ocean Research Kiel, dalam sebuah pernyataan.

Variasi genetik dalam ramet ini dapat digunakan untuk menentukan umurnya. Mutasi dapat terjadi selama pertumbuhan tubuh utama organisme, dan mutasi ini dapat menjadi permanen dan terakumulasi dalam ramet keturunannya. Jam ini bekerja dengan membandingkan tanaman yang akan diukur umurnya dengan ramet keturunannya, dan menentukan umurnya berdasarkan perbedaannya.

Tim peneliti memiliki akses terhadap klon lamun berusia 17 tahun yang disimpan di laboratorium dan digunakan untuk mengkalibrasi jam genetik untuk digunakan pada sampel liar. Perbedaan antara keduanya mengungkapkan bahwa klon tersebut berusia 1.402 tahun, menjadikannya tumbuhan laut tertua yang diketahui. Pengujian metode baru ini juga mengidentifikasi beberapa klon lain yang berusia beberapa ratus tahun.

Eelgrass dapat menutupi area yang luas; Z. marina adalah spesies yang tersebar luas yang ditemukan di Pasifik, Atlantik, dan Mediterania. Namun, istilah eelgrass juga mencakup banyak spesies lain, yang mungkin juga mencapai usia yang mengesankan.

Penemuan ini menunjukkan bahwa lamun dapat hidup jauh lebih lama daripada yang diperkirakan sebelumnya, dan dapat memainkan peran penting dalam ekosistem laut selama berabad-abad.

Hal ini juga menunjukkan potensi jam genetik sebagai alat baru untuk mempelajari usia organisme laut.