Bumi Terdeteksi secara Teknis Tidak Mengelilingi Matahari saat Ini

Selasa, 25 Juni 2024 - 16:31 WIB
loading...
Bumi Terdeteksi secara...
Bumi Tidak Mengelilingi Matahari saat Ini. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
LONDON - Bumi secara teknis tidak mengorbit Matahari sepenuhnya akurat. Penjelasannya terletak pada konsep barycenter, yaitu titik di mana dua objek yang mengorbit satu sama lain berputar.



Meskipun Matahari memiliki massa yang jauh lebih besar dibandingkan planet-planet di Tata Surya, gravitasi bekerja dua arah.

Artinya, Bumi tidak hanya ditarik oleh Matahari, tetapi Bumi juga menarik Matahari dengan gaya gravitasi yang lebih kecil.

Menurut Hukum Ketiga Kepler, massa dua benda yang saling mengorbit menentukan parameter orbit dan posisi barycenter.

“Contoh sebuah bintang kecil yang mengorbit di sekitar bintang yang lebih masif. Kedua bintang sebenarnya berputar di sekitar pusat massa yang sama, yang disebut barycenter. " tulis teori hukum Ketiga Kepler seperti dilansir dari IFL Science, Selasa (25/6/2024).

Bintang yang lebih kecil yang mengorbit bintang yang lebih besar sebenarnya berputar mengelilingi pusat massa bersama, yang disebut barycenter. Hal ini berlaku untuk semua objek yang mengorbit, terlepas dari massa dan ukurannya.

Dalam kasus Tata Surya, kita sering mengatakan bahwa planet-planet mengorbit Matahari.

Namun, barycenter Tata Surya biasanya terletak di dekat Matahari, karena Matahari memiliki massa yang jauh lebih besar.

Namun, karena pengaruh gravitasi raksasa gas seperti Jupiter dan Saturnus, barycenter tidak selalu berada di dalam Matahari.

Orbit planet-planet sebenarnya terlihat seperti goyangan, seperti yang ditunjukkan dalam video yang dibuat oleh astronom planet James O'Donoghue.

Akibatnya, Bumi tidak mengorbit titik di dalam Matahari, melainkan mengorbit titik di luar angkasa bersama dengan Matahari.

Barycenter ini terus bergerak karena pengaruh gravitasi planet-planet lain, terutama Jupiter dan Saturnus.

Meskipun secara teknis benar bahwa Bumi tidak mengorbit Matahari secara langsung, pernyataan ini mungkin terlalu berlebihan untuk konteks sehari-hari.

Planet-planet memang bergerak mengelilingi Matahari, dan barycenter biasanya terletak sangat dekat dengan Matahari.

Namun, pemahaman tentang barycenter membantu kita memahami dinamika Tata Surya yang lebih kompleks dan pengaruh gravitasi timbal balik antar planet.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2299 seconds (0.1#10.140)