Berbentuk seperti UFO, Pesawat Canggih Ini Dicurigai Buatan Iran

Kamis, 11 Juli 2024 - 09:39 WIB
loading...
Berbentuk seperti UFO,...
Penampakkan benda mirip UFO di langit Iran. FOTO/ DAILY
A A A
TEHERAN - Rekaman benda terbang tak dikenal ( UFO ) yang memancarkan lampu hijau menarik perhatian pengguna media sosial di Iran.



UFO tersebut memicu perdebatan di kalangan netizen setelah rekaman videonya dibagikan di platform TikTok.

Kecepatan dan ketinggian benda tersebut tampak berubah saat bergerak melalui wilayah udara Teheran.

Klip video tersebut diposting di situs sosial tersebut pada 30 Mei oleh pengguna TikTok, @jakestaxxx.

Sejauh ini gambar tersebut telah ditonton lebih dari setengah juta kali, dengan pemirsa memperdebatkan gambar tersebut. Beberapa netizen mengira itu adalah gambar yang dihasilkan komputer.

“Alien tidak tampak seperti itu, ada aturan galaksi. Kalau (gambar) ini benar, akan mengganggu ketertiban umum. Saya tidak melihat ada kekacauan publik yang terjadi,” kata seorang warganet seperti dilansir dari Daily Star.

Pada tahun 2019, video yang menunjukkan pesawat tak dikenal berbentuk cakram yang bermanuver dengan kecepatan tinggi di atas langit Iran beredar online. Video tersebut dengan cepat memicu spekulasi bahwa itu adalah UFO, dan beberapa orang bahkan mengklaim itu adalah bukti program pesawat luar angkasa rahasia Iran.

Namun, para ahli dengan cepat menghilangkan klaim UFO. Pesawat itu sebenarnya adalah Qaher-313, drone tempur tak berawak yang dikembangkan oleh Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC). Qaher-313 pertama kali diresmikan pada tahun 2018, dan telah ditampilkan dalam beberapa parade militer sejak saat itu.

Qaher-313 adalah sayap terbang subsonik yang dirancang untuk menghindari radar dan melakukan serangan mendadak. Ini memiliki badan pesawat berbentuk cakram yang khas dan empat saluran masuk udara di bagian depan. Pesawat ini ditenagai oleh mesin jet tunggal dan dipersenjatai dengan berbagai rudal dan bom.

Qaher-313 adalah contoh kemampuan teknologi militer yang berkembang pesat Iran. Dalam beberapa tahun terakhir, Iran telah meluncurkan sejumlah sistem senjata baru yang canggih, termasuk rudal balistik, drone, dan kapal perang. Pengembangan sistem senjata ini merupakan bagian dari upaya Iran untuk melawan Amerika Serikat dan sekutunya di kawasan tersebut.

Meskipun Qaher-313 bukan UFO, itu masih merupakan pesawat yang mengesankan. Ini adalah bukti kemampuan teknologi Iran dan potensinya sebagai kekuatan militer di kawasan tersebut.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)