Rekor, Fosil Dinosaurus Terjual Rp720 Miliar

Kamis, 18 Juli 2024 - 21:42 WIB
Rekor, Fosil Dinosaurus...
Fosil berjuluk Apex ini dianggap sebagai salah satu dinosaurus paling lengkap yang pernah ditemukan. Foto/EPA
JAKARTA - Fosil asli dinosaurus dilelang senilai Rp720 miliar. Penjualannya disebut-sebut lampaui rekor.

The Independent melansir Kamis (18/7/2024) fosil Stegosaurus yang ditemukan di Colorado itu terjual pada Rabu (17/7/2024) di Balai Lelang Sotheby's.

"Pembeli akan tetap dirahasiakan karena mereka memutuskan untuk tidak mengungkapkan nama," kata pihak Sotheby's.

Fosil yang dijuluki Apex itu dianggap sebagai salah satu dinosaurus paling lengkap yang pernah ditemukan. Paleontolog Jason Cooper menemukan fosil tersebut pada 2022 di dekat kediamannya.

Pihak pelelang menilai harga tersebut melewati perkiraan pra-penjualan sebesar 4 juta hingga 6 juta dollar AS. Penjualan tersebut sekaligus melewati rekor lelang sebelumnya untuk fosil dinosaurus — 31,8 juta dollar AS atau senilai Rp514 juta untuk jenis Tyrannosaurus rex yang dijuluki Stan pada 2020 lalu.

"Apex sekarang telah mengambil tempatnya dalam sejarah, sekitar 150 juta tahun sejak ia menjelajahi planet ini dengan membuktikan namanya hari ini, menginspirasi penawar di seluruh dunia untuk menjadi fosil paling berharga yang pernah dijual di lelang," kata Cassandra Hatton Kepala Bisnis dan Sains Sotheby's.

Penjualan Apex diklaim berproses selama bertahun-tahun sejak penemuannya di Dinosaur, Colorado, hingga penjualannya di New York. Spesimen penting itu dianggap mengukir sejarah.

Penjualan komersial fosil dinosaurus memunculkan kritik di kalangan paleontolog akademis yang merasa spesimen tersebut seharusnya berada di museum atau pusat penelitian yang tidak mampu membeli harga lelang yang besar.

Namun, Sotheby's mengatakan pembelinya berniat untuk meminjamkan Apex ke sebuah institusi di AS. Rumah lelang tersebut tidak menanggapi pertanyaan tentang pembeli yang mengalahkan enam penawar lainnya.

Stegosaurus dikenal sebagai salah satu dinosaurus paling khas di dunia, dengan lempeng runcing di punggungnya. Tingginya mencapai 3,3 meter dan panjang 8,2 meter dari hidung hingga ekor. Apex menjadi stegosaurus besar yang hidup cukup lama untuk menunjukkan tanda-tanda artritis.