Spesifikasi Rudal 9-Dey Iran Bikin Israel Tak Berani Asal Serang

Minggu, 18 Agustus 2024 - 15:23 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal 9-Dey...
Rudal 9-Dey Iran. FOTO/ TEHERAN POST
A A A
TEHERAN - Rudal 9-Dey adalah salah satu rudal yang dikembangkan oleh Iran, yang diperkirakan merupakan bagian dari upaya Iran untuk memperkuat kemampuan sistem pertahanannya



Sistem 9-Dey mengusung peluncur rudal baru yang dilengkapi dengan dua blok yang berisi empat rudal dalam kontainer yang siap ditembakkan.

9-Dey dirancang untuk mencegat dan menghancurkan berbagai ancaman udara, termasuk jet tempur, drone dan rudal jelajah, dengan jarak tembak dari 5 hingga 30 km dan ketinggian hingga 20 km.

Sistem radar 9-Dey disebut mampu mendeteksi dan menghadapi beberapa ancaman udara secara bersamaan, sehingga memberikan kemampuan peringatan dini dan intersepsi yang kuat. Integrasi dengan sistem pertahanan yang ada, seperti Khordad-15, memungkinkan strategi pertahanan berlapis yang meningkatkan ketahanan dan efektivitas keseluruhan jaringan pertahanan udara Iran.

Sistem hanud 9-Dey didasarkan pada rangka truk militer 6×6 yang sama dengan Sevom Khordad – sistem rudal hanud jarak jauh Iran yang dapat bergerak di jalan raya.
Sevom Khordad

Seperti dikutip Armyrecognition.com. sistem 9-Dey berbeda secara signifikan dari Sevom Khordad, terutama dalam konfigurasi peluncur rudalnya. Sevom Khordad mirip dengan rudal hanud Buk-M2 Rusia yang memiliki tiga rudal yang siap ditembakkan.

Sementara 9-Dey menggunakan desain unik yang terdiri dari dua blok, yang masing-masing dilengkapi dengan empat rudal yang dikemas dalam kontainer.

Hasilnya, total delapan rudal siap dikerahkan pada 9-Dey, yang memberikan daya tembak dan kapasitas yang ditingkatkan untuk operasi berkelanjutan.

Selain itu, sistem 9-Dey mengintegrasikan S-band detection radar mounted di bagian depan stasiun senjata rudal, yang meningkatkan kemampuan akuisisi dan penjebakan target.

Radar S–band beroperasi dalam rentang frekuensi 2 hingga 4 GHz dan menawarkan jangkauan deteksi hingga 150 kilometer (sekitar 93 mil) dan mampu melacak beberapa target secara bersamaan.

Kemampuan ini sangat penting untuk efektivitas sistem dalam menyerang target pada jarak menengah hingga jauh dan ketinggian tinggi.

Teknologi array bertahap radar memungkinkan pengarahan sinar elektronik, meningkatkan kecepatan dan akurasinya dalam akuisisi target dan kemampuannya untuk menahan gangguan elektronik dan tindakan balasan.

Plaltform kendaraan pada 9-Dey mengadopsi sasis ini adalah salinan MZKT-6922 yang diproduksi secara lokal, yang awalnya diproduksi oleh MZKT dan digunakan untuk sistem rudal Buk-M2E Rusia.

Mobilitas pada sistem 9-Dey semakin ditingkatkan dengan keputusan untuk memasang radar dan peluncur pada satu platform bergerak.

Hal ini memungkinkan 9-Dey untuk diposisikan ulang dengan cepat sesuai kebutuhan, menjadikannya solusi ideal untuk mempertahankan infrastruktur penting dan menanggapi ancaman yang muncul.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)