Buatan China, Intip Penampakan Jembatan Tertinggi di Dunia

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 06:57 WIB
loading...
Buatan China, Intip...
Jembatan Beipanjiang membentang sepanjang 720 meter dan tinggi 565 meter di atas Sungai Beipan. Foto/IFL Science
A A A
CHINA - Rekor jembatan tertinggi di dunia hingga kini masih dipegang oleh jembatan Beipanjiang yang membentang sepanjang 720 meter dan tinggi 565 meter di atas Sungai Beipan di Dugexiang, di barat daya China .

Karya para insinyur China tersebut selama ini digambarkan sebagai Prestasi Teknik yang Mustahil. Namun, faktanya, jembatan yang juga dikenal sebagai jembatan Duge tersebut rampung dibangun di dekat perbatasan antara provinsi Guizhou dan Yunnan pada 2016 silam.

Jembatan ini juga disebut cable-stayed, di mana deknya didukung langsung oleh kabel yang terhubung ke menara, mendistribusikan beban secara merata dan memungkinkan bentang yang lebih panjang dengan lebih sedikit penyangga.

"Kata kuncinya adalah mencoba untuk tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit tegangan pada setiap kabel," kata Simon Pitchers, pakar dari Institution of Structural Engineers, saat berbicara tentang pembangunan Jembatan Beipanjiang dilansir dari IFL Science, Jumat (23/8/2024).



"Jika salah melakukannya pada jembatan seperti ini, dek-nya akan bergelombang. Dan tentu saja mereka tidak, itu telah diselesaikan dengan brilian," tuturnya.

Didominasi oleh tebing batu kapur vertikal dan topografi pegunungan, wilayah sekitarnya adalah rumah bagi kumpulan jembatan jalan raya dan kereta api yang sangat besar yang tersebar di lanskap setiap 50 kilometer atau lebih.

China telah menjadi semacam raksasa pembangunan jembatan dalam beberapa dekade terakhir. Empat Provinsi baratnya - Guizhou, Hubei, Yunnan, dan Chongqing - memiliki 10 dari 12 jembatan tertinggi di dunia, dan wilayah yang lebih luas memiliki lebih dari 50 penyeberangan lainnya yang melebihi 152 meter tingginya.



Lebih banyak jembatan sedang dalam pengerjaan - dan Jembatan Beipanjiang tidak akan memiliki gelar tertinggi di dunia untuk waktu yang lama. China saat ini sedang membangun jembatan yang bahkan lebih tinggi di Provinsi Guizhou yang disebut Jembatan Huajiang Grand Canyon, dengan ketinggian yang dirancang 625 meter. Proyek ini diharapkan selesai pada tahun 2025.

Para insinyur juga sedang mengerjakan Jembatan Yongchang Lancangjiang di Yunnan dengan ketinggian 610 meter, yang diperkirakan akan selesai pada 2027.

Dan terakhir, jika prestasi tinggi ini tidak mengesankan, China juga memegang rekor jembatan terpanjang di Bumi. Jembatan Danyang-Kunshan Grand Bridge sepanjang 164,8 kilometer dilintasi kereta api berkecepatan tinggi antara Beijing dan Shanghai.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)