Hewan Pertama di Bumi Terkuak? Ilmuwan Beberkan Temuan Ini

Senin, 02 September 2024 - 17:14 WIB
Hewan Pertama di Bumi...
Hewan Pertama di Bumi Terkuak FOTO/ DAILY
LONDON - Ilmuwan temukan spesies baru organisme multiseluler misterius yang menawarkan wawasan baru tentang evolusi bentuk kehidupan mikroskopis yang mampu ungkap hewan paling awal di Bumi.

bBACA JUGA - Roti Nabi Adam Berusia 8.600 Tahun Ditemukan di Turki

Peneliti dari University of California, Berkeley mengungkap rahasia yang hidup jauh di dalam Danau Mono di Sierra Nevada Timur yang dapat memberi tahu kita lebih banyak tentang hari-hari awal hewan 650 juta tahun yang lalu.

Penelitian tersebut, yang diajukan dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal mBio, berfokus pada penemuan spesies choanoflagellata baru yang menjadi inang bagi mikrobioma.

Fakta bahwa ada sesuatu yang hidup di danau itu sendiri cukup mengejutkan, mengingat airnya mengandung arsenik dan sianida. Namun, organisme yang baru ditemukan itu adalah choanoflagellata.

Meskipun bukan hewan, choanoflagellata adalah makhluk yang paling mirip dengan hewan, dan dipelajari sebagai model untuk mewakili bentuk kehidupan awal jutaan tahun yang lalu.

Para peneliti percaya bahwa penemuan baru ini akan memberikan wawasan tentang hubungan antara hewan dan bakteri yang pertama kali mengarah pada mikrobioma manusia.

Nicole King, seorang profesor biologi molekuler dan sel di UC Berkeley dan seorang peneliti di Howard Hughes Medical Institute (HHMI), mengatakan: “Hewan berevolusi di lautan yang dipenuhi bakteri.

“Jika Anda berpikir tentang pohon kehidupan, semua organisme yang hidup sekarang saling terkait melalui waktu evolusi. Jadi, jika kita mempelajari organisme yang hidup saat ini, maka kita dapat merekonstruksi apa yang terjadi di masa lalu.”

Bentuk koloni ini terdeteksi, terdiri dari hampir 100 sel choanoflagellata yang identik – dan kemiripannya dengan struktur sel di dunia hewan merupakan bagian dari hal yang membuatnya begitu menarik bagi para ahli.

“Salah satu hal yang menarik tentang mereka adalah koloni-koloni ini memiliki bentuk yang mirip dengan blastula bola sel berongga yang terbentuk pada awal perkembangan hewan. Kami ingin mempelajarinya lebih lanjut,” kata King.