Ilmuwan Temukan Cara Bekukan Kembali Es di Kutub Utara yang Mencair

Kamis, 26 September 2024 - 16:37 WIB
loading...
A A A
"Tujuan kami adalah untuk menunjukkan bahwa penebalan es dapat efektif dalam melestarikan dan memulihkan es laut Arktik," kata Andrea Ceccolini, salah satu CEO Real Ice kepada New Scientist seperti dilansir dari Wion News.

Perusahaan tersebut bekerja sama dengan Centre for Climate Repair di University of Cambridge.

Hasilnya menjanjikan dan para peneliti mampu menumbuhkan 25 cm es alami di bagian bawah es.

"Hasil penelitian pada bulan Mei mengonfirmasi bahwa memang benar, Anda mendapatkan laju pertumbuhan tambahan es laut baru dari bagian bawah," kata Shaun Fitzgerald, direktur Centre for Climate Repair, kepada New Scientist.

Es laut Arktik tahun ini telah menyusut hingga luas minimal 1,65 juta mil persegi, sekitar 750.000 mil persegi di bawah rata-rata akhir musim panas tahun 1981 hingga 2010 sebesar 2,4 juta mil persegi. Kehilangan ini sama dengan luas wilayah yang lebih besar dari negara bagian Alaska.

Wilayah ini diprediksi akan sepenuhnya bebas es di musim panas pada tahun 2030-an.

Selain menyusut, es laut juga semakin muda, kata Nathan Kurtz, kepala laboratorium Laboratorium Ilmu Kriosfer NASA di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard di Greenbelt, Maryland.

"Saat ini, sebagian besar es di Samudra Arktik adalah es yang lebih tipis, es tahun pertama, yang kurang mampu bertahan hidup di bulan-bulan yang lebih hangat. Sekarang, es yang berusia tiga tahun atau lebih sudah jauh lebih sedikit jumlahnya," kata Kurtz.
(wbs)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0602 seconds (0.1#10.140)