Tahun Ini Dunia Begitu Sibuk Mengeksplorasi Luar Angkasa

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 08:52 WIB
loading...
Tahun Ini Dunia Begitu Sibuk Mengeksplorasi Luar Angkasa
Berbagai negara di dunia tahun ini begitu sibuk mengeksplorasi mencari jawaban tentang ruang angkasa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dunia tengah berlomba-lomba mengeksplorasi luar angkasa. Bukan hanya misi ke Planet Merah, ternyata banyak kegiatan yang sudah dijadwalkan untuk "membongkar" rahasia alam semesta.

Tak heran, warga Planet Bumi tahun ini begitu sibuk menjadwalkan sejumlah kegiatan untuk mengeksplorasi ruang angkasa. Merangkum Space.com, inilah jadwal menuju "meninggalkan Bumi" di sisa tahun 2020: (Baca juga: CEO Kevin Mayer Mundur, Kesepakatan Penjualan TikTok Diumumkan Pekan Depan )

Bulan Agustus
28 Agustus
Rocket Lab akan meluncurkan roket Electron dengan satelit bernama Sequoia untuk perusahaan Capella Space yang berbasis di San Francisco. Misi, yang dikenal sebagai "I Can't Believe It Not Optical", akan lepas landas dari Semenanjung Mahia di Selandia Baru.

29 Agustus
Roket A United Launch Alliance Delta IV Heavy akan meluncurkan satelit mata-mata rahasia untuk Kantor Pengintaian Nasional AS. Misi berjudul NROL-44 akan lepas landas dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

30 Agustus
- Roket SpaceX Falcon 9 akan meluncurkan satelit observasi Bumi SAOCOM 1B untuk Argentina. Pesawat akan lepas landas dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

- Startup penerbangan luar angkasa Astra berencana mencapai orbit untuk pertama kalinya. Perusahaan yang berbasis di California itu akan meluncurkan Roket 3.1 setinggi 38 kaki (11,6 meter) dari Kompleks Pelabuhan Luar Angkasa Pasifik di Pulau Kodiak Alaska.

Bulan September
1 September
Roket Arianespace Vega akan diluncurkan pada misi pembuktian konsep Small Spacecraft Mission Service (SSMS) yang membawa 42 mikrosatelit, satelit nano, dan kubus. Misi berbagi tumpangan akan lepas landas dari Guiana Space Center dekat Kourou, Guyana Prancis.

24 September
Roket Soyuz Rusia akan meluncurkan tiga satelit komunikasi Gonets M dari Kosmodrom Plesetsk di Rusia.

29 September
Pesawat kargo Cygnus NG-14 milik Northrop Grumman akan diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan roket Antares. Pesawat itu akan lepas landas dari Fasilitas Penerbangan Wallops NASA di Virginia, AS.

30 September
Roket SpaceX Falcon 9 akan meluncurkan satelit navigasi generasi ketiga Angkatan Udara AS, yang diberi nama GPS 3 SV04, untuk Sistem Penentuan Posisi Global. Pesawat akan lepas landas dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida, dalam jendela peluncuran 4 jam yang dibuka pada jam 8 malam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2302 seconds (0.1#10.140)