Ini 5 Telur Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Rp456 Juta per Kg

Senin, 14 Oktober 2024 - 14:56 WIB
loading...
Ini 5 Telur Termahal...
Telur burung emu termasuk sangat langka di dunia. Foto/The New Daily
A A A
JAKARTA - Varian telur di dunia bermacam-macam, namun beberapa di antaranya terkenal dengan keunikan beserta harganya yang mahal.

Harga telur termahal di dunia bisa dilihat dari kelangkaan produknya maupun kandungan nutrisi di dalamnya.

Melansir dari berbagai sumber, berikut telur termahal di dunia, Senin (14/10/2024) :

1. Telur Burung Camar


Varian telur ini dianggap sebagai kudapan spesial di Inggris. Telur burung camar yang bisa dikonsumsi manusia dari jenis kepala hitam. Tampilannya mudah dikenali karena berwarna putih dengan bintik hitam.

Telur ini cukup langka karena hanya dalam tiga minggu dalam setahun atau sekali masa bertelur. Dalam jangka waktu empat tahun, telur ini hanya tersedia empat minggu. Tak ayal, harga per butirnya bisa mencapai Rp 150 ribuan.


2. Telur Puyuh


Bagian putih telur puyuh bermanfaat untuk membentuk massa otot. Hal ini berkat kandungan protein yang ada di dalam telur puyuh untuk menambah massa otot. Manfaatnya pun untuk proses penyembuhan. Meski bentuknya kecil, namun harganya mahal sekitar Rp 75 ribu per 12 butir di luar negeri.

3. Telur kalkun


Tingginya biaya produksi dan kelangkaan membuat harga telur kalkun menjadi mahal, yakni sekira Rp 45 ribu per butir telur. Nutrisi telur kalkun cukup tinggi karena mengandung dua kali kalori dan gram lemak lebih banyak serta empat kali jumlah kolesterol dibanding telur ayam.Telur kalkun dulu populer hingga akhir abad 1800 untuk dijadikan omelet.

Telur kalkun juga disebut sebagai salah satu telur yang harus dimakan di dunia selain bebek, puyuh, unta, angsa, dan emu. Hal ini dikarenakan telur kalkun lebih kaya rasa dan creamy. Tampilan telur ini juga khas karena kulitnya berbintik, telur kalkun lebih bagus jika dihias.


4. Telur emu


Telur ini termasuk paling langka di dunia karena burung emu diklasifikasikan sebagai satwa liar yang terancam punah.

“Diperkirakan jumlah burung emu pesisir yang tersisa di Pantai Utara kurang dari 50 ekor, sehingga penemuan sarang berisi telur merupakan momen penting bagi populasi yang terancam punah,” ujar Chris Slade, Ekolog Senior Forestry Corporation dalam pernyataannya sebagaimana dikutip IFL Science.

Biasanya jika ada yang menjual telurnya, harganya menjadi tak terhingga karena perizinan penjualannya dibatasi.

5. Telur ikan beluga


Telur ikan beluga menduduki peringkat teratas dengan harga termahal, menurut Guinness World Records. Konon, telur ini harganya sangat mahal, bahkan bisa mencapai Rp 456 juta per kilogram. Telur ikan beluga atau biasa disebut Almas berasal dari ikan beluga atau sturgeon albino langka yang berada di perairan Laut Kaspia Selatan.

Ikan ini sejenis ikan purbakala yang langka karena lingkungannya mulai tercemar. Hal itulah yang membuat harga caviar seakan tak wajar untuk sebuah telur ikan.

Telur ikan ini tampak aneh dengan warna hitam legam, cenderung mengilap. Namun, ketika sebuah makanan berpadu dengan telur ikan ini, harganya bisa menjulang tinggi. Secara tradisional caviar bisa dimakan langsung. Rasanya unik, karena ketika sampai di mulut dan dikunyah, telur ikannya pecah, dan sensasi ini yang paling banyak dicari para penikmat kuliner mewah.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)