Menguak Rencana Besar Angkatan Luar Angkasa AS Menguasai Bulan

Jum'at, 18 September 2020 - 13:14 WIB
loading...
Menguak Rencana Besar Angkatan Luar Angkasa AS Menguasai Bulan
Bulan menjadi target berikutnya dari militer AS demi menguasai sumber daya di sana, sekaligus titik tolak menuju Planet Mars. Foto/Inside Outer Space
A A A
HOUSTON - Tidak puas dengan pertempuran di darat, udara, dan laut, kini militer mengincar ruang angkasa sebagai objek "perangnya". Hal ini ditandai dengan keberadaan pejabat kebijakan luar angkasa militer AS yang semakin menandai peran baru mereka dalam menjaga aset dan kepentingan Amerika di luar angkasa, Bumi-Bulan. (Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold2 Memiliki Fitur Keren )

Doktrin yang berkembang meluas ke permukaan Bulan, mengingat program Artemis NASA untuk eksplorasi bulan berawak. Ditambah rencana perusahaan Amerika untuk menambang sumber daya bulan, seperti es air.

Apa yang dikatakan ahli ruang angkasa tentang perluasan taktik militer ke domain "dataran tinggi" baru di luar orbit Bumi? Dilansir dari laman Space.com, para pakar pun berbicara banyak tentang perkembangan doktrin militer yang dibangun menuju luar angkasa.

Kepentingan militer Amerika Serikat di Bumi-Bulan disorot dalam laporan baru-baru ini. Tepatnya laporan Keadaan Pangkalan Industri Luar Angkasa 2020: Waktu untuk Bertindak untuk Mempertahankan Kepemimpinan Ekonomi & Militer AS di Luar Angkasa.

Laporan pada Juli 2020 didasarkan pada lokakarya virtual yang mempertemukan lebih dari 150 pemimpin pemikiran dari industri, pemerintah, dan akademisi. Pertemuan mind-meld dipentaskan oleh NewSpace New Mexico, Unit Inovasi Pertahanan, Laboratorium Penelitian Angkatan Udara (AFRL) dan Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat.

Laporan ringkasan menjelaskan AS menghadapi tantangan besar dan titik perubahan di perbatasan akhir. Dalam hal ruang cislunar (Bumi-Bulan) dan Bulan itu sendiri, ada kebutuhan untuk mengontrol titik-titik yang dianggap kritis.

"Saat aktivitas luar angkasa meluas melampaui orbit geosynchronous, negara pertama yang membangun infrastruktur transportasi dan kemampuan logistik yang melayani GEO (orbit Bumi geosinkron) dan ruang cislunar akan memiliki kemampuan unggul untuk melakukan kontrol atas ruang cislunar. Khususnya titik Lagrange dan sumber daya dari bulan," kata laporan itu seperti dikutip Space.com.

Sebagai catatan, Titik Lagrange adalah titik yang stabil secara gravitasi di ruang angkasa tempat probe dapat "parkir", tetap di tempatnya tanpa menghabiskan banyak bahan bakar.

Balapan ke Bulan
Laporan yang baru-baru ini diterbitkan mengamati bahwa sumber daya bulan -terutama hidrogen dan oksigen yang diturunkan dari es, yang dapat menyediakan propelan pesawat ruang angkasa untuk aplikasi keamanan sipil, komersial, dan nasional adalah kunci untuk akses ke sumber daya asteroid dan Mars. Ini untuk memungkinkan secara keseluruhan pengembangan komersial luar angkasa.

"Perlombaan ke bulan hari ini tidak ada hubungannya dengan bendera dan jejak kaki," kata laporan itu. "Secara strategis, ini adalah perlombaan menuju kekayaan besar sumber daya bulan yang akan mendorong ekonomi ruang angkasa yang lebih besar dan memungkinkan eksplorasi dan permukiman masa depan di tata surya."

Membawa temuan laporan ini ke tingkat yang baru adalah Konferensi Keamanan Cislunar (CLSC) tahunan pertama bulan depan, yang akan diadakan di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins. "CLSC adalah forum rahasia tentang implikasi teknologi, kebijakan, doktrin, dan strategi untuk memastikan akses gratis, transit, dan penggunaan sistem Bumi-Bulan di luar GEO," demikian bunyi situs konferensi tersebut.

Konsep Pemenang
Bulan ini, Direktorat Kendaraan Luar Angkasa AFRL mengumumkan konsep pemenang kompetisi untuk memutuskan rangkaian eksperimen penerbangan berikutnya. Salah satunya eksperimen dalam kesadaran domain luar angkasa di luar GEO hingga ke bulan. Konsep kemenangan itu dijuluki CHPS, singkatan dari Sistem Patroli Jalan Raya Cislunar.

"Ekonomi ruang angkasa abad ke-21 berkembang melampaui orbit tradisional ke bulan dengan perusahaan komersial yang berusaha memanen sumber daya, dan NASA serta negara-negara lain kembali ke bulan," kata David Buehler dari AFRL, seorang manajer program.

"Peningkatan aktivitas ini akan membutuhkan kesadaran domain yang lebih besar, yang coba diatasi oleh CHPS," sambungnya lagi.

Proyeksi Daya
"Memang ada konsep ulang ruang untuk melampaui LEO (orbit rendah Bumi) dan GEO untuk pindah ke ruang cislunar," kata Namrata Goswami, analis independen yang mengkhususkan diri dalam kebijakan luar angkasa.

Lebih lanjut dikatakan, dari masa di mana pergi ke suatu tempat pertama di luar angkasa, menancapkan bendera untuk bangsa atau atas nama kemanusiaan dipandang optimal. "Dan saat ini wacana ruang angkasa sedang bergeser," ujarnya kepada Space.com.

Dari perspektif perang antariksa, lanjut Goswami, jauh lebih mungkin untuk membutakan atau merusak satelit di GEO atau LEO, tanpa diketahui, dari ruang cislunar daripada dari permukaan Bumi. "Negara-negara mulai memahami perspektif kritis ini, terutama karena meningkatnya ketergantungan perang modern pada komando dan kendali ruang angkasa yang didukung LEO dan GEO," sebut Goswami.

Apa yang diramalkan Goswami adalah proyeksi kekuatan ruang angkasa -melalui upaya sipil, militer, dan komersial- akan bergerak lebih dari sekadar kehadiran satelit, teknologi anti-satelit, dan Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk memasukkan kehadiran waktu nyata di permukaan Bulan.

"Begitu kehadiran permanen bulan dicapai dalam dekade berikutnya atau lebih, pemikir ruang angkasa, pemimpin, pemimpin ruang militer akan dipaksa untuk mempertanggungjawabkan realitas baru itu, apakah mereka suka atau tidak," ujarnya.

Ada banyak aktivitas yang sedang berlangsung dan direncanakan di luar GEO, terutama di dekat atau di Bulan. "Jadi sampai taraf tertentu wajar jika militer AS ingin lebih memerhatikan bidang besar ruang angkasa itu," kata David Burbach, Profesor Urusan Keamanan Nasional di Naval War College di Newport, Rhode Island.

Berbicara secara pribadi, Burbach mengatakan, pada prinsipnya, pesawat luar angkasa di ruang cislunar dapat memengaruhi banyak satelit di orbit Bumi yang lebih rendah, atau relevan dengan operasi militer di Bumi. Jadi kehadiran lebih banyak pesawat luar angkasa non-AS di wilayah itu adalah perubahan, meskipun kecil.

"Secara organisasional, inti dari pembuatan layanan terpisah (Angkatan Luar Angkasa) adalah untuk menempa budaya yang berpusat pada ruang angkasa, dan wajar jika organisasi baru ingin mengambil langkah untuk membedakan dirinya dari induknya dan untuk menunjukkan bahwa ia aktif mengambil misi baru, dan sebagai akibatnya, membutuhkan sumber daya baru," papar Burbach.

Mengingat peningkatan berbagai aktivitas cislunar oleh berbagai negara, tidak mengherankan bahwa organisasi militer ingin mengetahui apa yang terjadi di wilayah yang berpotensi relevan dengan misi mereka.

Burbach percaya, secara institusional, fokus utama Angkatan Luar Angkasa AS adalah mendapatkan "kesadaran domain luar angkasa" yang lebih baik di luar GEO -mampu melacak, dan mungkin mendengarkan, pesawat luar angkasa pada jarak Bulan, yang menjadi sistem pengawasan AS saat ini.

Ada beberapa orang di komunitas luar angkasa AS, kata Burbach, yang membayangkan bulan sebagai "El Dorado baru". Yakni, sebuah tempat dengan kekayaan atau peluang luar biasa.

Kekayaan itu bisa datang dari menambang es air Bulan, mengumpulkan bahan bakar helium-3 untuk reaktor nuklir, atau memindahkan industri berat manusia ke bulan. Jadi, beberapa pendukung melihat ledakan ekonomi jangka pendek di ruang cislunar, meskipun Burbach dan banyak analis lainnya skeptis bahwa ini akan terjadi dalam beberapa dekade mendatang. (Baca juga: Kemenparekraf Buka Kesempatan Hotel Lain Bergabung Tangani Covid-19 )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2240 seconds (0.1#10.140)