Orang Tua Waspadalah, Ada Virus dan Bakteri Bekerja Sama Merusak Otak Bayi

Senin, 05 Oktober 2020 - 04:00 WIB
loading...
Orang Tua Waspadalah, Ada Virus dan Bakteri Bekerja Sama Merusak Otak Bayi
Menurut NINDS, gangguan otak yang disebut hidrosefalus, melibatkan penumpukan cairan yang tidak normal di rongga otak dan merupakan alasan paling umum untuk operasi otak pada anak kecil. Foto/Live Science
A A A
JAKARTA - Bakteri yang baru ditemukan mungkin bekerja dengan virus umum untuk menyebabkan kondisi otak yang serius pada bayi di Uganda. Temuan ini merujuk studi baru yang baru saja dilansir situs Live Science. (Baca juga: Baru 20%, Pembangunan Pelabuhan Kali Adem Terhenti karena Covid-19 )

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), gangguan otak ini, yang disebut hidrosefalus, melibatkan penumpukan cairan yang tidak normal di rongga otak dan merupakan alasan paling umum untuk operasi otak pada anak kecil. Setiap tahun, sekitar 400.000 kasus baru hidrosefalus didiagnosis pada anak-anak di seluruh dunia.

Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Science Translational Medicine, kondisi tersebut tetap menjadi beban utama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Sekitar setengah dari kasus hidrosefalus terjadi setelah infeksi sebelumnya dan dikenal sebagai "hidrosefalus pasca infeksi", menurut penelitian tersebut. Tetapi sampai sekarang, para ilmuwan tidak tahu mikroba apa yang menginfeksi bayi, dan mengidentifikasi patogen tersebut adalah kunci untuk mencegah kondisi tersebut.

Selama hampir 20 tahun, sebuah rumah sakit kecil di Uganda bernama CURE Children's Hospital telah menangani ribuan kasus hidrosefalus pada anak-anak. "Hidrosefalus adalah kondisi bedah saraf masa kanak-kanak yang paling umum yang kami lihat dalam populasi yang kami layani," kata salah satu penulis utama penelitian dr Edith Mbabazi-Kab Bachelor, Direktur Penelitian, CURE Children's Hospital of Uganda.

Dikatakannya, jika tidak ditangani pada anak di bawah usia 2 tahun, hidrosefalus akan meningkatkan ukuran kepala. Ini menyebabkan kerusakan otak dan mayoritas dari anak-anak itu akan meninggal. Sementara yang lainnya menjadi cacat fisik atau kognitif.

Jadi sekelompok peneliti internasional berangkat untuk memahami apa yang dapat menyebabkan kondisi otak ini. "13 tahun lalu, ketika mengunjungi Uganda dan melihat aliran anak-anak dengan hidrosefalus setelah infeksi, saya bertanya kepada para dokter, 'Apa masalah terbesar yang Anda miliki yang tidak dapat Anda selesaikan?'" kata penulis senior Steven J Schiff, Profesor Ketua Sikat teknik dan profesor ilmu teknik dan mekanik, bedah saraf dan fisika di Penn State.

Schiff dan timnya menganalisis darah dan cairan serebrospinal dari 100 bayi di bawah 3 bulan yang dirawat di rumah sakit CURE Children's untuk hidrosefalus -64 di antaranya berkembang menjadi kondisi setelah infeksi. Para dokter tahu mereka telah terinfeksi karena bayinya menderita penyakit parah, kejang atau pencitraan otak menunjukkan tanda-tanda infeksi sebelumnya. Dan ada juga bayi tanpa infeksi sebelumnya (gambar otak dan tes lain menunjukkan masalah lain yang menyebabkan kondisi seperti tumor atau kista).

Mereka mengirim sampel ini ke dua laboratorium berbeda untuk sekuensing DNA dan RNA guna mencari kemungkinan jejak materi genetik dari bakteri, virus, jamur dan parasit. Mereka menemukan bahwa banyak sampel dari pasien dengan hidrosefalus yang disebabkan infeksi mengandung bakteri. "Bakteri aneh ini," kata Schiff.

Bakteri tersebut ternyata adalah strain Paenibacillus thiaminolyticus yang sebelumnya tidak teridentifikasi, sekarang dinamai "Mbale" setelah Kota Uganda tempat rumah sakit CURE berada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)