NASA Siap Luncurkan Teleskop Luar Angkasa Terbarunya Akhir Oktober 2021

Minggu, 25 Oktober 2020 - 18:47 WIB
NASA Siap Luncurkan Teleskop Luar Angkasa Terbarunya Akhir Oktober 2021
James Webb Space Telescope (JWST) milik NASA telah berhasil menyelesaikan rangkaian uji coba lingkungan dan dijadwalkan mengudara 31 Oktober 2021. Foto/NASA
JAKARTA - Teleskop luar angkasa terbaru milik NASA , bernama James Webb Space Telescope (JWST) telah berhasil menyelesaikan rangkaian uji coba. Salah satunya adalah simulasi kondisi yang sulit ketika digunakan nanti. (Baca juga: Habiskan Rp12 Triliun, OSIRIS-REx NASA Sukses Ambil Batuan Asteroid Bennu )

Dalam pengujian, Lembaga Antariksa Amerika Serikat itu menerpa JWST dengan kebisingan dan getaran yang serupa dengan orbit. JWST menerima 140 disabel suara dan diguncang dengan cara alami seperti yang akan terjadi di lapangan.

Melansir The Guardians, Minggu (25/10/2020), pada rangkaian uji coba lingkungan yang sama pada 2018, sejumlah skrup dan ring pada teleskop itu terlepas, sehingga menunda penggunaannya.

Kini, setelah mengalami banyak penundaan sejak pengembangan lebih dari 20 tahun, SJWT dijadwalkan akan diluncurkan pada 31 Oktober 2021 menggunakan roket Ariane 5 milik Badan Antariksa Eropa.

Ribuan orang ikut terlibat dalam pengembangan dan pengujian JWST. Secara total, ada 258 perusahaan, agensi, dan universitas ikut berpartisipasi. Sebanyak 142 di antaranya berasal dari AS, 104 dari 12 negara di Eropa, dan 12 dari Kanada.

JWST kini memasuki serangkaian uji coba terakhir untuk memastikan cermin dan tabir surya bisa terbuka di luar angkasa. Kemudian akan dipasang kembali dan dikirim ke lokasi peluncuran di Guyana, Prancis. (Baca juga: Ngaku Punya Tuyul untuk Gandakan Uang, Suami Istri Ini Berhasil Tipu Warga )