Makin Pintar, Virus Corona Gunakan Pintu Rahasia Kedua untuk Masuk ke Sel

Senin, 26 Oktober 2020 - 06:09 WIB
Makin Pintar, Virus Corona Gunakan Pintu Rahasia Kedua untuk Masuk ke Sel
Upaya luar biasa sedang dilakukan untuk mengembangkan vaksin dan terapi lain guna memerangi virus ini. Foto/Ist
JAKARTA - Ketika berbicara tentang bagaimana virus Corona menyerang sel manusia , dibutuhkan tiga orang untuk mencari tahu dengan sejumlah riset. (Baca juga: Besutan Anak Bangsa, Samsung C-Safe Bikin Anda Menjauh dari Virus Corona )

Riset ini dimulai dengan reseptor ACE2, protein pada sel manusia yang memungkinkan SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, masuk dan menginfeksi sel. Tapi sekarang masuk pasangan elemen baru -protein lain- yang ada di sel manusia.

Gabungan dari tiga protein ini -dua manusia dan satu virus- meningkatkan kemampuan SARS-CoV-2 untuk memasuki sel manusia, bereplikasi dan menyebabkan penyakit.

COVID-19 sendiri telah melumpuhkan sistem perawatan kesehatan dan ekonomi di seluruh dunia. Upaya luar biasa sedang dilakukan untuk mengembangkan vaksin dan terapi lain untuk memerangi virus ini. Tetapi agar upaya ini berhasil, memahami bagaimana virus memasuki sel sangatlah penting.

Untuk itu, dalam dua makalah yang diterbitkan di Science, dua tim secara independen menemukan bahwa protein yang disebut reseptor neuropilin-1 merupakan pintu alternatif bagi SARS-CoV-2 untuk masuk dan menginfeksi sel manusia. Ini adalah terobosan besar dan kejutan, karena para ilmuwan mengira neuropilin-1 berperan dalam membantu neuron membuat koneksi yang benar dan membantu pertumbuhan pembuluh darah.

Sebelum penelitian baru ini, tidak ada yang menduga bahwa neuropilin-1 bisa menjadi pintu masuk SARS-CoV-2 untuk masuk ke sistem saraf. Rekan peneliti sangat tertarik dengan laporan ini karena sebagai ahli saraf yang mempelajari bagaimana sinyal rasa sakit dipicu dan dikirim ke otak, mereka juga menyelidiki aktivitas neuropilin-1.

Dalam sebuah makalah baru-baru ini, tim mereka menunjukkan bagaimana neuropilin-1 terlibat dengan sinyal rasa sakit dan bagaimana, ketika virus SARS-CoV-2 menempel padanya, dia memblokir transmisi rasa sakit dan mengurangi rasa sakit. Pekerjaan baru menunjukkan neuropilin-1 adalah pintu independen bagi virus COVID-19 untuk menginfeksi sel. Penemuan ini memberikan wawasan yang dapat mengungkapkan cara memblokir virus.

Neuropilin-1 Membantu SARS-CoV-2 Masuk
Protein yang disebut Spike yang berada di permukaan luar SARS-CoV-2 memungkinkan virus ini menempel pada reseptor protein sel manusia. Menyadari bahwa sepotong kecil Spike mirip dengan daerah urutan protein manusia yang diketahui mengikat reseptor neuropilin, kedua tim peneliti menyadari bahwa neuropilin-1 mungkin penting untuk menginfeksi sel.

Menggunakan teknik yang disebut kristalografi sinar-X, yang memungkinkan para peneliti untuk melihat struktur tiga dimensi protein Spike pada resolusi atom individu, serta pendekatan biokimia lainnya, James L Daly dari University of Bristol dan rekannya menunjukkan urutan pendek ini dari Spike yang melekat pada neuropilin-1.

Dalam percobaan di laboratorium, virus SARS-CoV-2 mampu menginfeksi lebih sedikit sel manusia yang kekurangan neuropilin-1. Dalam sel dengan protein ACE2 dan neuropilin-1, infeksi SARS-CoV-2 lebih besar dibandingkan dengan sel yang hanya memiliki satu “pintu” saja.