Dukung Kehidupan Baru, Alasan SpaceX Bangun Internet di Mars

Selasa, 27 Oktober 2020 - 09:58 WIB
loading...
Dukung Kehidupan Baru, Alasan SpaceX Bangun Internet di Mars
CEO Tesla Elon Musk. FOTO/ IST
A A A
CALIFORNIA - Ambisi untuk membangun peradaban di Planet Mars terus digaungkan. Salah satunya datang dari SpaceX. Perusahaan milik Elon Musk itupun berjanji akan menyediakan fasilitas internet di Mars.. BACA JUGA- Pendatang Baru di RI, MG Gloster Samai Kesangaran All New Mitsubishi

Presiden and Chief Operating Officer SpaceX, Gwynne Shotwell, menuturkan, pihaknya berencana membangun sistem satelit Starlink yang akan mengorbit di Planet Merah, layaknya di Bumi. BACA JUGA - SUV Kuncian Mitsubishi yang Lebih Ganas dari Outlander dan Pajero Sport.

"Ketika orang sampai di Mars, tentu membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi. Kami memastikan jaringan telekomunikasi yang kuat antara Mars dan Bumi," tuturnya, dikutip dari Express, Selasa (27/10/2020).

Hingga saat ini, belum ada target yang menyebutkan kapan manusia akan mulai mendarat di Mars. Tetapi NASA berencana membangun pangkalan di Bulan pada 2024, ini bakal menjadi langkah awal dalam perjalanan kehidupan di Planet Merah.

Shotwell juga menegaskan, SpaceX tak akan menyerah untuk membawa manusia ke Mars. Sebab, menurut dia, seiring dengan pindahnya manusia ke Mars, akan memberi peluang lebih baik dalam menyelamatkan Bumi.

"Ini bukan berarti menyerah terhadap Bumi, tetapi memberikan peluang bagi umat manusia jika ada peristiwa yang mengerikan," tegasnya.

Di sisi lain, Elon Musk pernah memperingatkan bahwa ketika manusia pertama menginjakkan kaki di Mars, ada risiko kematian yang sangat tinggi.

Menurutnya, perjalanan ke Mars tidak menjadi persoalan dasar, tetapi membangun kota dan kehidupan yang mandiri menjadi tantangan karena sulit dan berbahaya.

"Kami akan membangun gedung-gedung pendukung proyek ini bernama Mars Base Alpha. Saya tegaskan bahwa ini adalah hal yang sangat sulit dan berbahaya," tandas pria kelahiran Afrika Selatan itu.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)