Sebelum Ada Oksigen Di Bumi, Mikroba Menghirup Arsenik

Selasa, 27 Oktober 2020 - 23:38 WIB
loading...
Sebelum Ada Oksigen Di Bumi, Mikroba Menghirup Arsenik
Laguna La Brava, Cile, tempat para peneliti menemukan petunjuk tentang kehidupan awal di Bumi menggunakan arsenik. Kredit : Pieter Visscher / Universitas Connecticut
A A A
Sebagian besar dari kita sangat menyadari betapa pentingnya oksigen dalam kehidupan makhluk hidup yang ada di Bumi. Tanpa oksigen, kehidupan di Bumi tidak akan berjalan seperti saat ini.

Namun, pernahkah Anda menyadari bahwa selama 1,5 miliar tahun pertama, Bumi tidak memiliki oksigen. Makhluk hidup di Bumi pertama kali kemungkinan menghirup arsenik, senyawa kimia yang terkenal beracun.

Baca juga : Astronom Ungkap Kemungkinan Alien Intai Bumi dari Exoplanet

Mengutip dari Technology, ahli Geologi dari Universitas Connecticut, Amerika Seikat, Pieter Visscher, mengungkapkan bahwa Bumi pertama kali tidak memiliki oksigen. Dia kemudian bertanya bagaimana sistem kehidupan di Bumi dapat bekerja tanpa oksigen?

Hasil penelitian mengatakan bahwa komponen kunci dari siklus oksigen terjadi ketika tumbuhan dan beberapa jenis bakteri mengambil sinar matahari, air dan karbon dioksida untuk diubah menjadi karbohidrat dan oksigen. Zat tersebut kemudian didaur ulang dan digunakan oleh organisme lain yang menghirup oksigen.

Para peneliti menemukan lapisan mikroba aktif dalam kondisi mengeras di Laguna La Brava di Gurun Atacama, Chili. Ini menjadi terobosan peneliti dalam mengungkap siklus kehidupan sebelum adanya oksigen.

Lapisan Mikroba berfungsi sebagai alat yang kuat dan informatif untuk benar-benar memahami kehidupan dalam kondisi awal Bumi. Lapisan mikroba berada di lingkungan unik di permukaan yang tinggi dan bebas oksigen. Di sana mereka terkena perubahan suhu harian yang ekstrim dan kondisi sinar ultraviolet yang tinggi.

Baca juga : Ilmuwan: Alien Penghuni 1.000 Bintang Terdekat Bisa Lacak Kehidupan di Bumi

"Tim mulai bekerja di Chili, di mana kami menemukan sungai berwarna merah darah, dengan air yang mengandung arsenik dan mengalir di atas lapisan mikroba yang mengandung hidrogen sulfida. Sama sekali tidak ada oksigen," kata Visscher.

Para peneliti menemukan bahwa lapisan mikroba itu membuat karbonat. Karbonat menunjukkan bukti siklus arsenik dan membuktikan bahwa mikroba secara aktif memetabolisme arsenik, seperti oksigen dalam sistem modern.
(fan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2391 seconds (0.1#10.140)