Tiga Alasan Kenapa Lubang Hitam Jadi Hal Paling Menakutkan di Alam Semesta

Minggu, 01 November 2020 - 12:02 WIB
Alam tahu cara membuat lubang hitam dengan massa yang sangat beragam, mulai dari "mayat" bintang yang beberapa kali massa Matahari hingga monster yang puluhan miliar kali lebih masif. Itu seperti perbedaan antara apel dan Piramida Agung Giza.

Baru tahun lalu, para astronom menerbitkan gambar pertama dari lubang hitam dan cakrawala peristiwa, binatang bermassa 7 miliar-matahari di pusat galaksi elips M87.

Itu lebih dari seribu kali lebih besar dari lubang hitam di galaksi kita, yang penemunya merebut Hadiah Nobel tahun ini. Lubang hitam ini sebagian besar gelap, tetapi ketika gravitasinya menarik bintang dan gas di dekatnya, mereka menyala menjadi aktivitas yang intens dan memompa keluar sejumlah besar radiasi.

Lubang hitam besar berbahaya dalam dua hal. Jika Anda terlalu dekat, gravitasi yang sangat besar akan menyedot Anda. Dan jika mereka dalam fase quasar aktif, Anda akan diledakkan oleh radiasi berenergi tinggi.

Seberapa terang quasar? Bayangkan melayang di atas kota besar seperti Los Angeles di malam hari. Kira-kira 100 juta lampu dari mobil, rumah, dan jalan-jalan di kota berhubungan dengan bintang-bintang di galaksi. Dalam analogi ini, lubang hitam dalam keadaan aktifnya seperti sumber cahaya berdiameter 1 inci di pusat kota LA yang mengungguli kota dengan faktor ratusan atau ribuan. Quasar adalah objek paling terang di alam semesta.

Lubang Hitam Super-Masif Itu Aneh
Lubang hitam terbesar yang ditemukan sejauh ini memiliki berat 40 miliar kali massa Matahari, atau 20 kali ukuran tata surya. Sedangkan planet terluar di tata surya kita mengorbit sekali dalam 250 tahun, objek yang jauh lebih masif ini berputar sekali setiap tiga bulan.

Tepi luarnya bergerak dengan setengah kecepatan cahaya. Seperti semua lubang hitam, lubang hitam besar terlindung dari pandangan oleh cakrawala peristiwa. Di pusatnya ada singularitas, titik dalam ruang yang kepadatannya tidak terbatas. Kita tidak dapat memahami interior lubang hitam karena hukum fisika rusak. Waktu membeku di cakrawala peristiwa dan gravitasi menjadi tak terbatas di singularitas.

Kabar baik tentang lubang hitam masif adalah Anda bisa selamat jika jatuh ke dalam lubang hitam. Meskipun gravitasinya lebih kuat, gaya regangnya lebih lemah dibandingkan dengan lubang hitam kecil dan tidak akan membunuh Anda. Kabar buruknya adalah bahwa cakrawala peristiwa menandai tepi jurang. Tidak ada yang bisa keluar dari dalam cakrawala peristiwa, jadi Anda tidak bisa melarikan diri atau melaporkan pengalaman Anda.

Lubang hitam paling masif akan membutuhkan waktu bertahun-tahun yang tak terbayangkan untuk menguap. Ddiperkirakan 10 pangkat 100, atau 10 dengan 100 nol setelahnya. Objek paling menakutkan di alam semesta hampir abadi hidupnya. (Baca juga: 3, 2, 1! Rangkaian "MNC e-Fest 2020" Resmi Dibuka melalui Ajang Virtual Ride )