Disney Buat Robot yang Bisa Berkedip Seperti Manusia

Selasa, 03 November 2020 - 10:04 WIB
loading...
Disney Buat Robot yang Bisa Berkedip Seperti Manusia
Gaze, robot rancangan Disney yang bisa berkedip dan menganggukkan kepala seperti layaknya manusia. FOTO/ IST
NEW YORK - Teknologi berkembang begitu cepat, apalagi jika bicara mengenai robot. Namun kebanyakan robot yang ada saat ini masih dengan tatapan mata yang 'kosong'. (Baca: Syafaat dan Siapa yang Berhak Mendapatkannya)

Untuk itu Disney sedang mengembangkan sebuah robot yang menyerupai manusia. (Baca juga: Ribuan Formasi CPNS Guru Kosong, Ini Langkah Kemendikbud)

Dikutip dari Gizmodo, Selasa (3/11/2020), tak hanya penampilannya saja, namun juga mimik muka, khususnya gerakan berkedip dan menggerakan kepala yang membuat robot tersebut tampak lebih hidup.

Temuan ini dikembangkan oleh para ilmuwan dari divisi penelitian dan pengembangan Disney bernama Walt Disney Imagineering bekerja sama dengan tim peneliti dari Universitas Illinois, Urbana Campaign, serta Institut Teknologi California.



Sayangnya, robot yang diberi nama Gaze itu masih sangat menyeramkan. Ia belum memiliki kulit bagian kepala, sehingga terlihat bagian kepala yang berwarna putih.

Tapi, dibalik penampilannya yang menyeramkan, terdapat teknologi yang sangat canggih. Hal ini karena Disney telah mengembangkan animatronik yang disempurnakan.

Dalam penelitian yang berjudul Realistic and Interactive Robot Gaze, para peneliti menyatakan robot menggunakan sensor di bagian dadanya.

Dengan sensor tersebut, robot Gaze dapat mengidentifikasi jika ada orang yang mencoba untuk melakukan interaksi dan menatap balik. Lalu, kemampuan untuk menatap balik orang ditambahkan menjadi gerakan di kepala.

Para peneliti juga mengembangkan robot agar interaksinya mirip seperti manusia, yaitu jika tiba-tiba ada suara di kejauhan maka Robot Gaze akan mengalihkan wajah untuk mencari sumber suara. Namun setelah itu akan kembali menatap mata orang yang sedang berinteraksi dengannya.

Menurut para peneliti, manusia memiliki gerakan halus di kepala saat berinteraksi dengan orang lain. Saat menatap mata seseorang, maka kepala secara perlahan membuat gerakan kecil. Gerakan ini juga termasuk naik dan turun saat manusia menarik serta menghembuskan napas.



Mata juga akan secara konstan melakukan koreksi membuat visi penglihatan manusia terbatas pada dua persen area dari bidang pandang seseorang.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA