Ilmuwan Dunia Bersuka Cita saat Joe Biden Menangi Pilpres AS, Ini Alasannya

Selasa, 10 November 2020 - 03:20 WIB
loading...
Ilmuwan Dunia Bersuka Cita saat Joe Biden Menangi Pilpres AS, Ini Alasannya
Kemenangan Joe Biden sebagai Presiden AS menggantikan Donald Trump disambut suka cita para ilmuwan dunia. Foto/Ist
A A A
WASHINGTON - Para ilmuwan di Amerika Serikat , bahkan dunia, bersuka cita dengan terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden AS menggantikan Donald Trump . Kehadiran anak penjual mobil bekas ini diharapkan membalikkan kebijakan antisains selama empat tahun yang diadopsi Trump.

“Mimpi buruk nasional panjang kita sudah berakhir,” kata Alta Charo, ahli bioetika di University of Wisconsin Law School, mengutip ucapan Presiden Gerald Ford yang terkenal dengan istilah yang sarat skandal dari pendahulunya, Richard Nixon. (Baca juga: Warga Diimbau Waspadai Puncak Iklim La Nina hingga Januari 2021 )

Begitu Biden menjabat pada 20 Januari, dia akan memiliki kesempatan membalikkan banyak kebijakan yang diperkenalkan oleh Pemerintahan Trump yang dianggap merusak sains dan kesehatan masyarakat.

Ini termasuk tindakannya terhadap perubahan iklim, imigrasi, dan pandemik COVID-19, yang dapat merenggut lebih dari seperempat juta jiwa di Amerika Serikat sebelum Trump meninggalkan jabatannya pada Januari nanti.

Biden, mantan Wakil Presiden AS di bawah kepemimpinan Presiden Barack Obama, telah berjanji untuk meningkatkan program uji dan penelusuran AS untuk membantu mengendalikan virus Corona. Dia siap membawa AS bergabung kembali dengan perjanjian Protokol Paris untuk memerangi pemanasan global, dan mencabut larangan perjalanan dan pembatasan visa yang membuat AS menjadi tujuan yang kurang diminati oleh para peneliti asing.

Wakil Presiden terpilih Biden, Kamala Harris, seorang pengacara dan senator AS dari California, akan menjadi wanita pertama yang meraih salah satu dari dua jabatan teratas di negara itu. Dia juga menjadi wanita kulit hitam pertama dan orang Asia-Amerika pertama yang terpilih sebagai wakil presiden, di negara yang diliputi oleh ketegangan rasial belakangan ini. (Baca juga: Sambut Kepulangan Habib Rizieq di Bandara Soetta, Simpatisan Menginap di Masjid )

“Ini adalah bukti kekuatan dan ketahanan sains AS yang telah bertahan selama empat tahun terakhir,” kata James Wilsdon, seorang ilmuwan sosial di University of Sheffield di Inggris, seperti dilansir Nature.com. “Sekarang dapat menantikan periode stabilitas yang sangat dibutuhkan dan dukungan dari pemerintahan (Biden).”

Prioritas Utama
Salah satu pesanan pertama Biden adalah menerapkan rencana respons pandemik yang lebih agresif. Pada 6 November, Amerika Serikat mencatat lebih dari 130.000 infeksi virus Corona baru dalam satu hari -jumlah tertinggi yang dilaporkan di mana pun di seluruh dunia sejak wabah dimulai.

Trump berusaha meremehkan COVID-19 sambil menentang upaya negara bagian dan lokal untuk menahan virus Corona karena terlalu mahal. Sebaliknya, tim Biden telah berkomitmen meningkatkan program uji dan penelusuran COVID-19, bekerja dengan pejabat tingkat negara bagian dan lokal guna menerapkan mandat maskr secara nasional dan memperkuat fasilitas kesehatan masyarakat.

Tim Biden juga berjanji untuk "mendengarkan sains". Pemerintahan Trump telah berulang kali mengesampingkan para ilmuwan pemerintah di badan kesehatan masyarakat, seperti Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dan Administrasi Makanan dan Obat selama pandemik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)