Ambyar, Sempat Dinyatakan Manjur Ternyata Vaksin AstraZeneca Salah Uji Coba

Jum'at, 27 November 2020 - 01:47 WIB
loading...
Ambyar, Sempat Dinyatakan Manjur Ternyata Vaksin AstraZeneca Salah Uji Coba
Kepercayaan para ahli terhadap validitas data COVID-19 yang dilaporkan AstraZeneca terkikis cepat karena kesalahan uji coba para peneliti perusahaan. Foto/Business Insider
A A A
WASHINGTON - AstraZeneca merupakan salah satu kandidat vaksin COVID-19 yang dinyatakan efektif menundukan virus mematikan tersebut. Belakangan CEO mengakui vaksin kemungkinan akan menggelar uji ulang vaksin COVID-19 lantaran ada kesalahan dalam uji coba pertama yang bisa memberikan hasil tidak wajar.

Kepercayaan para ahli terhadap validitas data COVID-19 yang dilaporkan AstraZeneca pun terkikis dengan cepat hanya dalam beberapa hari. (Baca juga: Vaksin Moderna Diumumkan 94,5% Efektif Jinakkan Virus Corona )

Perusahaan melaporkan pada hari Senin bahwa vaksin virus Corona efektif hingga 90% berdasarkan hasil awal dari studi terhadap 23.000 sukarelawan di Brasil dan Inggris. Tetapi kemudian diketahui bahwa ada kesalahan selama persidangan awal, yang memicu rentetan pertanyaan.

Pada hari Kamis, CEO perusahaan farmasi, Pascal Soriot, mengakui kekhawatiran tersebut. Dikatakannya, mereka kemungkinan akan melakukan uji coba kedua dari kandidat vaksin dua dosis, ungkap Bloomberg News, Kamis (26/11/2020).

"Sekarang kami telah menemukan apa yang tampak seperti kemanjuran yang lebih baik, kami harus memvalidasi ini, jadi kami perlu melakukan studi tambahan," kata Soriot kepada Bloomberg News.

Kesalahan tersebut, yang berarti sekitar 3.000 peserta mendapat satu setengah dosis vaksin, bukan dua yang dimaksudkan, sebenarnya menghasilkan tingkat kemanjuran yang lebih tinggi daripada mereka yang mendapat jumlah yang ditentukan.

"Untuk memperjelas perbedaan ini, dan memenuhi permintaan komunitas kesehatan masyarakat untuk data lebih banyak, AstraZeneca kemungkinan akan menjalankan 'studi internasional' lagi," kata Soriot.

Tujuannya adalah untuk menguji kekuatan rejimen setengah dosis/dosis penuh yang tidak disengaja ini di antara lebih banyak peserta. "Tetapi yang ini bisa lebih cepat karena kami tahu kemanjurannya tinggi sehingga kami membutuhkan lebih sedikit pasien," klaimnya.

Soriot, mengklaim, sekarang mereka telah menemukan apa yang tampak seperti kemanjuran yang lebih baik. "Kami harus memvalidasi ini, jadi kami perlu melakukan studi tambahan," ujar Soriot.

Kebingungan di antara para ahli yang mencoba menafsirkan berbagai kemanjuran ini berubah menjadi suram ketika AstraZeneca mengumumkan, bahwa rejimen yang paling efektif adalah kecelakaan.

"Ini adalah komplikasi yang cukup besar karena (protokol dosis setengah/dosis penuh) terjadi akibat kesalahan, bukan desain," kata Sheila Bird, ahli biostatistik dari Dewan Riset Medis Universitas Cambridge, kepada Politico.

Laman Business Insider melaporkan, Moncef Slaoui, Kepala Operation Warp Speed AS, juga menunjukkan bahwa kelompok kecil tersebut tidak menyertakan peserta yang berusia di atas 55 tahun, yang dapat menjelaskan mengapa vaksin lebih efektif dalam mencegah COVID-19.

Yang lain menuduh perusahaan itu "memilih ceri" data untuk membuatnya tampak seperti vaksin memiliki tingkat kemanjuran yang lebih tinggi. Mereka juga tidak transparan tentang bagaimana AstraZeneca mencapai angka kemanjuran 70%. (Baca juga: Diklaim 95% Ampuh, Vaksin Pfizer dan BioNTech Punya Efek Samping )

Sampai sekarang, Tak satupun dari perusahaan, termasuk Moderna dan Pfizer, yang mempublikasikan hasil mereka di jurnal medis. Regulator AS juga belum mengizinkan pengambilan gambar untuk penggunaan darurat, apalagi memberikan persetujuan penuh.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2493 seconds (0.1#10.140)