Perusahaan Ini Jual Beli Wajah Manusia, Mau Wajah Anda Dibeli Seharga Rp5,5 Juta?

Sabtu, 28 November 2020 - 15:39 WIB
loading...
Perusahaan Ini Jual Beli Wajah Manusia, Mau Wajah Anda Dibeli Seharga Rp5,5 Juta?
Jepang memang dikenal dengan hal-hal absurd. Salah satunya ini: ada perusahaan yang ingin membeli wajah Anda. Untuk apa? Untuk dijual dalam bentuk topeng cetak 3D yang sangat realistis.
A A A
JAKARTA - Kamenya Omoto adalah pembuat dan toko topeng yang berbasis di Tokyo. Mereka membawa bisnis mereka ke level baru dengan mengumumkan niat untuk membeli hak atas wajah orang-orang seharga 40.000 yen (Rp5,5 juta). Dan peminatnya membludak.
Perusahaan tersebut ingin mereproduksi wajah orang dalam bentuk topeng hiper-realistis dan menjualnya dengan harga sekitar USD940 (Rp13 juta). Jika topeng terbukti populer di pembeli, orang yang penampilannya menginspirasi akan memperoleh persentase dari keuntungan juga.

(Baca juga : Melapor Jadi Korban Kejahatan, Wanita Ini Malah Diajak Polisi Berhubungan Seks )

Proyek kontroversial itu, namanya "That Face". Mirip film fiksi ilmiah yang melakukan jual beli wajah manusia.

Di era di mana privasi dan data pribadi menjadi lebih penting dari sebelumnya, konsep menjual hak wajah Anda untuk mendapat keuntungan tampaknya aneh.
Namun, melihat tanggapan yang di dapat Kamenya Omoto dalam sebulan terakhir, konsep itu ternyata sangat populer.

Perusahaan Ini Jual Beli Wajah Manusia, Mau Wajah Anda Dibeli Seharga Rp5,5 Juta?

Setelah mengumumkan rencana untuk membeli hak atas wajah orang-orang dalam inisiatif "The Face", Kamenya Omoto dibanjiri oleh tawaran dan pertanyaan tentang proyek tersebut. Meskipun programnya terbatas di Tokyo, minatnya begitu besar sehingga perusahaan memutuskan untuk memilih wajah melalui undian.

(Baca juga : Dinyatakan Meninggal, Pria Ini Hidup Lagi saat Kakinya Disayat untuk Dibalsem )

Apa syaratnya? Siapa pun yang berusia di atas 20 tahun dan berbasis di Tokyo dapat mengajukan permohonan untuk menjual wajah mereka. Tetapi perusahaan menjelaskan bahwa mereka yang terpilih tidak diizinkan untuk mengungkapkan identitas mereka.



Kamenya Omoto juga tidak akan mengungkapkan kemiripan atau informasi pribadi Anda kepada siapa pun di luar proses pembuatan topeng.

Konsumen yang tertarik untuk membeli dan memakai wajah orang lain (entah untuk apa), saat ini dapat memesannya terlebih dahulu. Namun, pilihannya terbatas pada wajah penjaga toko Kamenya Omoto. Nah, jika ingin opsi lain, perusahaan akan segera mengumumkan lebih banyak wajah yang tersedia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3127 seconds (0.1#10.140)