Selasa, 01 Desember 2020 - 10:02 WIB
Berusia 65 Juta Tahun, Fosil Hidup Ikan Asprete Hanya Tersisa 12 Ekor
Asprete yang berusia 65 juta tahun pertama kali ditemukan oleh seorang mahasiswa biologi pada tahun 1956.
RUMANIA - Di hamparan kecil sungai Valsan yang mengalir deras di Rumania, hidup salah satu ikan paling langka di Eropa. Bahkan, mungkin di dunia. Namanya, ikan Asprete.

Berusia 65 Juta Tahun, Fosil Hidup Ikan Asprete Hanya Tersisa 12 Ekor

Salah satu dampak utama pada spesies ini adalah serangkaian bendungan pembangkit listrik tenaga air, yang dibangun di atas jaringan sungai pegunungan di bawah rezim komunis Rumania pada akhir 1960-an. Sampai saat itu, Asprete diperkirakan telah mendiami sekitar 30 km dari Valsan serta dua sungai paralel: Arges dan Raul Doamnei.

“Ikan-ikan itu menghilang dari Raul Doamnei karena tidak ada air lagi. Selama satu tahun dasar sungai hampir kering,” kata Andrei Togor. “Ikan ini menjadi langka karena manusia,” tambahnya.

Ancaman lain termasuk fragmentasi sungai, degradasi habitat, pembuangan limbah ilegal, dan pencurian kerikil dasar sungai dan batu besar. "Banyak orang mengambil batu dan pasir dari sungai untuk digunakan dalam konstruksi," jelasnya.

Berusia 65 Juta Tahun, Fosil Hidup Ikan Asprete Hanya Tersisa 12 Ekor

Asprete termasuk dalam daftar spesies yang sangat terancam punah dari Konvensi Berne tentang Satwa Liar dan Habitat Alam Eropa. Lingkungannya dilindungi oleh hukum sebagai UE Natura 2000 dan sebagai bagian dari Cagar Alam Lembah Valsan. Tapi aturan tersebut acap diabaikan.