Jum'at, 04 Desember 2020 - 23:10 WIB
Spesies Baru Katak Pohon Andaman Ini Imut dan Menggemaskan
Ilmuwan dan peneliti dari University of Delhi dan Zoological Survey of India telah menemukan genus katak pohon yang ditemukan di pulau Andaman.
INDIA - Tim peneliti dan ilmuwan baru saja menemukan genus (kategori) katak baru di Kepulauan Andaman dan Nicobar. Juga, di timur laut India. Genus katak ini dinamai Rohanixalus, diambil dari nama ahli taksonomi Sri Lanka, Rohan Pethiyagoda.

Para peneliti mengatakan, meski fauna amfibi Andaman telah sering disurvei dalam beberapa tahun terakhir, keluarga katak ini belum dilaporkan. Padahal sudah banyak ditemukan di daerah pinggir utara dan tengah Kepulauan Andaman.

Spesies Baru Katak Pohon Andaman Ini Imut dan Menggemaskan

“Penemuan kami tentang anggota katak pohon dari Kepulauan Andaman tidak terduga dan sekali lagi menyoroti pentingnya survei dan eksplorasi fauna khusus untuk dokumentasi keanekaragaman hayati yang tepat di negara yang sangat beragam seperti India. Temuan ini juga mengungkap pola distribusi baru katak pohon yang menarik yang menjadi bukti adanya pertukaran fauna antara Andaman dan kawasan Indo-Burma, ”kata Prof. Biju.

Genus katak ini memiliki beberapa ciri perilaku yang unik dimana induk katak menjaga telurnya sampai menetas dan membantu pelepasan berudu. Nah, perilaku ini tidak terlihat di semua spesies katak.

Selama tiga hari pertama setelah bertelur, katak betina duduk di atas telur dan menghasilkan sekresi agar-agar yang digunakan untuk melapisi massa telur melalui gerakan kaki searah jarum jam. Perilaku ini memberikan kelembapan yang diperlukan untuk telur yang diletakkan di permukaan daun yang terbuka dan melindunginya dari predator serangga.

Para ilmuwan percaya bahwa lebih banyak spesies Rohanixalus yang tidak disebutkan namanya kemungkinan berada di anak benua India.