Jum'at, 04 Desember 2020 - 23:10 WIB
Spesies Baru Katak Pohon Andaman Ini Imut dan Menggemaskan
Ilmuwan dan peneliti dari University of Delhi dan Zoological Survey of India telah menemukan genus katak pohon yang ditemukan di pulau Andaman.
INDIA - Tim peneliti dan ilmuwan baru saja menemukan genus (kategori) katak baru di Kepulauan Andaman dan Nicobar. Juga, di timur laut India. Genus katak ini dinamai Rohanixalus, diambil dari nama ahli taksonomi Sri Lanka, Rohan Pethiyagoda. BACA JUGA: Tips Cara Mengajak Anak Belajar Menggunakan Tablet Samsung Galaxy Tab A7

Katak dari genus ini dicirikan oleh tubuh kecil dan ramping (berukuran panjang sekitar 2 hingga 3 cm), sepasang garis lateral warna kontras di kedua sisi tubuhnya, sementara bintik-bintik cokelat kecil tersebar di seluruh permukaan tubuh bagian atas, juga telur berwarna hijau muda diletakkan di sarang gelembung arboreal.

Berdasarkan studi DNA, genus baru ini juga terungkap sebagai garis keturunan evolusioner yang berbeda dari semua genera katak pohon yang diketahui sebelumnya.

“Para ilmuwan mempelajari berbagai aspek. Misalnya morfologi luar dewasa dan berudu, filogeni, panggilan dan biologi perkembangbiakan beberapa spesies katak pohon yang tersebar luas di Asia Selatan, Tenggara dan Timur dan memastikan bahwa mereka mewakili genus baru,” kata S.D. Biju dari Universitas Delhi, yang memimpin penelitian tersebut.

Prof. Biju adalah ahli taksonomi amfibi terkemuka di India dan telah menemukan beberapa spesies, genera, dan famili amfibi.

Rincian penemuan ini dipublikasikan dalam makalah berjudul “Wawasan baru tentang sistematika dan perilaku reproduksi pada katak pohon dari genus Feihyla, dengan deskripsi genus terkait baru dari Asia” dalam terbitan terbaru Zootaxa, jurnal ilmiah untuk ahli taksonomi hewan.

Ilmuwan dari Indonesia, Thailand dan China juga berkontribusi dalam penelitian ini.