Spesies Baru Katak Pohon Andaman Ini Imut dan Menggemaskan

Jum'at, 04 Desember 2020 - 23:10 WIB
loading...
Spesies Baru Katak Pohon Andaman Ini Imut dan Menggemaskan
Ilmuwan dan peneliti dari University of Delhi dan Zoological Survey of India telah menemukan genus katak pohon yang ditemukan di pulau Andaman.
INDIA - Tim peneliti dan ilmuwan baru saja menemukan genus (kategori) katak baru di Kepulauan Andaman dan Nicobar. Juga, di timur laut India. Genus katak ini dinamai Rohanixalus, diambil dari nama ahli taksonomi Sri Lanka, Rohan Pethiyagoda. BACA JUGA: Tips Cara Mengajak Anak Belajar Menggunakan Tablet Samsung Galaxy Tab A7

Katak dari genus ini dicirikan oleh tubuh kecil dan ramping (berukuran panjang sekitar 2 hingga 3 cm), sepasang garis lateral warna kontras di kedua sisi tubuhnya, sementara bintik-bintik cokelat kecil tersebar di seluruh permukaan tubuh bagian atas, juga telur berwarna hijau muda diletakkan di sarang gelembung arboreal.

Berdasarkan studi DNA, genus baru ini juga terungkap sebagai garis keturunan evolusioner yang berbeda dari semua genera katak pohon yang diketahui sebelumnya.

“Para ilmuwan mempelajari berbagai aspek. Misalnya morfologi luar dewasa dan berudu, filogeni, panggilan dan biologi perkembangbiakan beberapa spesies katak pohon yang tersebar luas di Asia Selatan, Tenggara dan Timur dan memastikan bahwa mereka mewakili genus baru,” kata S.D. Biju dari Universitas Delhi, yang memimpin penelitian tersebut.



Prof. Biju adalah ahli taksonomi amfibi terkemuka di India dan telah menemukan beberapa spesies, genera, dan famili amfibi.

Rincian penemuan ini dipublikasikan dalam makalah berjudul “Wawasan baru tentang sistematika dan perilaku reproduksi pada katak pohon dari genus Feihyla, dengan deskripsi genus terkait baru dari Asia” dalam terbitan terbaru Zootaxa, jurnal ilmiah untuk ahli taksonomi hewan.

Ilmuwan dari Indonesia, Thailand dan China juga berkontribusi dalam penelitian ini.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Fitur-Fitur Baru Qualcomm Snapdragon 888 5G

Para peneliti mengatakan, meski fauna amfibi Andaman telah sering disurvei dalam beberapa tahun terakhir, keluarga katak ini belum dilaporkan. Padahal sudah banyak ditemukan di daerah pinggir utara dan tengah Kepulauan Andaman.

Spesies Baru Katak Pohon Andaman Ini Imut dan Menggemaskan

“Penemuan kami tentang anggota katak pohon dari Kepulauan Andaman tidak terduga dan sekali lagi menyoroti pentingnya survei dan eksplorasi fauna khusus untuk dokumentasi keanekaragaman hayati yang tepat di negara yang sangat beragam seperti India. Temuan ini juga mengungkap pola distribusi baru katak pohon yang menarik yang menjadi bukti adanya pertukaran fauna antara Andaman dan kawasan Indo-Burma, ”kata Prof. Biju.



Genus katak ini memiliki beberapa ciri perilaku yang unik dimana induk katak menjaga telurnya sampai menetas dan membantu pelepasan berudu. Nah, perilaku ini tidak terlihat di semua spesies katak.

Selama tiga hari pertama setelah bertelur, katak betina duduk di atas telur dan menghasilkan sekresi agar-agar yang digunakan untuk melapisi massa telur melalui gerakan kaki searah jarum jam. Perilaku ini memberikan kelembapan yang diperlukan untuk telur yang diletakkan di permukaan daun yang terbuka dan melindunginya dari predator serangga.

Para ilmuwan percaya bahwa lebih banyak spesies Rohanixalus yang tidak disebutkan namanya kemungkinan berada di anak benua India.
(dan)
preload video
KOMENTAR ANDA