Membanggakan, Milenial LAPAN Berhasil Terbangkan Pesawat Tanpa Awak Generasi Terbaru

Selasa, 08 Desember 2020 - 21:07 WIB
loading...
Membanggakan, Milenial LAPAN Berhasil Terbangkan Pesawat Tanpa Awak Generasi Terbaru
Pesawat tanpa awak seri LAPAN Surveillance UAV New Generation (LSU-05NG) yang berhasil diterbangkan milenial LAPAN. Foto/LAPAN
A A A
TANGERANG SELATAN - Generasi muda atau milenial dari Peneliti dan Perekayasa pada Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), berhasil menerbangkan pesawat tanpa awak seri LAPAN Surveillance UAV New Generation (LSU-05NG).

Penerbangan ini sekaligus melakukan uji kesuluruhan terbang pesawat. Uji terbang dilaksanakan di Lapangan Udara TNI AU di Pameungpeuk, Cikelet, Garut, Jawa Barat, hari ini dan kemarin. (Baca juga: LAPAN Pastikan Hujan Meteor di Pekan Kedua Desember 2020 )

Pesawat LSU-05NG merupakan generasi baru dari pesawat terbang tanpa awak seri LSU-05, hasil penelitian, pengembangan, dan perekayasaan (litbangyasa) serta rancang bangun LAPAN. Pesawat ini telah dikembangkan oleh LAPAN sejak 2014. Aparatur Sipil Negara (ASN) Pustekbang pada angkatan 2018 dan 2019 mendapatkan bimbingan dari peneliti, perekayasa, dan teknisi litkayasa senior di Pustekbang.

"Para senior memberi masukan dan saran terkait dengan rancang bangun pesawat ini," kata LAPAN, di laman resminya, Selasa (8/12/2020).

Dengan bekal bimbingan tersebut, milenial LAPAN merancang secara keseluruhan desain aerodinamik, struktur, sistem avionik, dan sistem propulsi, hingga berhasil terbang dipiloti Aeromodelling Solo, Wahyu Widianto.

Pesawat LSU-05NG memiliki bentang sayap sepanjang 5,5 meter dan badan pesawat (fuselage) berdimensi sebesar 2,909 x 445 x 315 mm yang terbuat dari bahan komposit. Uji terbang meliputi pengujian pesawat untuk mengetahui karakteristik pesawat pada saat low speed taxi, high speed taxi, terbang manual, dan terbang dengan autopilot. Semua pengujian berjalan lancar dan pesawat berhasil terbang bagus.

Pada tahap selanjutnya di tahun 2021, Pesawat terbang tanpa awak LS-05NG ini diharapkan mampu membawa komponen komunikasi jangkauan luas. Dengan beban payload berkisar antara 15-30 kg. (Baca juga: Membanggakan, Perwira TNI Ini Jadi Siswa Terbaik Sekolah Bahasa Korsel )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2355 seconds (0.1#10.140)