Ketika Pesawat Ruang Angkasa NASA Membidik Chang'e-5 Milik China di Bulan

Rabu, 09 Desember 2020 - 06:41 WIB
Ketika Pesawat Ruang Angkasa NASA Membidik Change-5 Milik China di Bulan
Pendaratan Change 5 dicitrakan oleh LRO NASA pada 2 Desember 2020. Gambar/NASA/GSFC/Arizona State University
HOUSTON - Pada 1 Desember kemarin, pesawat ruang angkasa China, Chang'e-5 berhasil mendarat di Bulan . Videonya pun beredar di internet. (Baca juga: Manusia Tengah Berada di Zaman Keemasan Misi Ruang Angkasa )

Peristiwa penjelahan Chang'e-5 di Bulan juga ikut diabadikan oleh tim Lunar Reconnaissance Orbiter Camera (LROC) . Pesawat ruang angkasa milik NASA itu dapat menemukan aset China tersebut di Oceanus Procellarum, Ocean of Storms dan tengah bersiap-siap ketika LROC akan lewat di atas keesokan harinya.

Space.com melaporkan, gambar menunjukkan pendarat Chang'e 5 di tengah tiga kawah. Sistem otomatis telah membantu pesawat ruang angkasa menghindari bahaya untuk mendarat dengan aman.

Daerah yang relatif datar di dekat pendarat Chang'e 5 diciptakan oleh lava basaltik. Meski usianya lebih dari satu miliar tahun, unit basal ini diperkirakan jauh lebih muda daripada area pendaratan Apollo, yang berusia di atas 3 miliar tahun.

Oleh karena itu, sampel sangat menarik bagi para ilmuwan, yang ingin mengetahui mengapa wilayah ini aktif secara vulkanik baru-baru ini daripada kebanyakan tempat lain di Bulan.

Gambar diambil sebelum kendaraan pendakian Chang'e 5 meluncur dari permukaan dengan sampel yang dikumpulkan. Kendaraan pendakian itu telah melakukan pertemuan spektakuler dan merapat dengan pengorbit Chang'e 5 dan menyerahkan sampelnya. Chang'e 5 akan memulai perjalanannya ke Bumi akhir pekan ini.

Misi pengembalian sampel Chang'e 5 diperkirakan hanya berlangsung 23 hari. Misi bakal diakhiri dengan pendaratan di Mongolia Dalam pada 17 Desember 2020.

Sementara LRO sendiri sudah berada belasan tahun di orbit Bulan. Pesawat telah memetakan Bulan dalam definisi tinggi selama lebih dari 11 tahun, sembari berburu tanda-tanda air di Bulan. (Baca juga: Hasil Penyisihan Grup Liga Champions, Rabu (9/12/2020); MU Kalah, Duel PSG Terhenti )