Kapsul Hayabusa 2 yang Bawa Sampel Ryugu Diperiksa

Rabu, 09 Desember 2020 - 19:01 WIB
loading...
Kapsul Hayabusa 2 yang Bawa Sampel Ryugu Diperiksa
Hayabusa 2 telah menempuh perjalanan lebih dari lima kilometer di luar angkasa. Foto/Ist.
A A A
TOKYO - Badan Eksplorasi Antariksa Jepang atau Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dilaporkan telah membawa kapsul Hayabusa 2 yang mendarat di Bumi beberapa hari lalu, ke sebuah labolatorium di dekat Tokyo, pada Selasa (8/12/2020) kemarin.

( )


Kapsul tersebut diyakini membawa sampel pasir dariasteroidRyugu. Hayabusa 2 telah menempuh perjalanan lebih dari lima kilometer di luar angkasa.

( )


Sebelumnya, melansir dari NHK, Rabu (9/12/2020), Kepala Institut Sains Antariksa dan Astronautika Jepang, Kuninaka Hitoshi, mengatakan, pihaknya sempat mempertimbangkan untuk menunda pendaratan Habayusa 2, karena pandemi Covid-19.

Kini setelah berhasil mendaratkan kapsul tersebut di Bumi, pihaknya berharap bisa menganalisa sampel pasir yang dibawa Hayabusa 2 secara menyeluruh, agar bisa mendapatkan sebanyak mungkin nilai ilmiah.

Berdasarkan sampel pasir asteroid Ryugu itu, peneliti yakin hasil analisanya dapat memberikan petunjuk dari awal kehidupan. Rencanannya, analisis akan dimulai pada Juni 2021.

Hayabusa 2 merupakan kapsul yang menjalani misi lanjutan yang diusulkan oleh JAXA. Misinya adalah memperkuat titik lemah dari misi-misi sebelumnya.

Hayabusa 2 memiliki teknologi lebih canggih dibanding dengan misi Hayabusa sebelumnya. Selain dilengkapi dengan teknologi peledak SCI (Small Carry-on Impactor), juga dibekali 1 robot pendarat dan 3 robot penjelajah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4596 seconds (0.1#10.140)